DPD Umumkan 15 Calon Anggota BPK

    Media Indonesia - 19 September 2019 11:02 WIB
    DPD Umumkan 15 Calon Anggota BPK
    Ilustrasi gedung DPR. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merekomendasikan 15 nama calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ke-15 nama yang di antaranya berasal dari kalangan politisi terse-but didapat dari hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPD pada 16-17 September 2019.

    "Dalam memberikan kriteria penilaian terhadap para calon anggota BPK, DPD memperhatikan aspek integritas, kepemimpinan, visi dan misi, pengalaman, serta latar belakang pendidikan," kata Ketua Komite IV DPD Ajiep Padindang saat mengumumkan hasil seleksi itu dalam Rapat Paripurna DPD di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 18 September 2019.

    Wakil Ketua Komite IV DPD Siska Marleni menambahkan, dari 62 pendaftar calon anggota BPK, ada delapan pendaftar yang tidak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPD.

    "Karena itu, DPD hanya memberikan pertimbangan kepada 54 calon anggota BPK yang telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan dan tidak memberikan pertimbangan kepada delapan calon lainnya yang tidak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan," tutur Siska.

    Banyak hal yang menjadi penilaian dalam proses seleksi yang dilakukan DPD. Selain tingkat pendidikan, juga pemahaman para calon anggota, baik di bidang keuangan maupun nonkeuangan, dengan skor 3-9.

    "Jadi, hasilnya dikomula-tifkan. Maka diperoleh nama-nama 15 orang tersebut, dari 54 nama yang kami seleksi selama dua hari berturu-turut. Kami optimistis nama-nama yang kami rekomendasikan bakal terpilih karena kami melakukannya tidak main-main," papar Siska.

    Anggota Komisi XI DPR yang juga Ketua Panitia Seleksi BPK Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya telah menerima rekomendasi 15 nama dari DPD tersebut. Komisi XI selanjutnya menunggu disposisi dari pimpinan DPR untuk menggelar pemungutan suara untuk memilih lima calon anggota BPK dari 15 nama itu.

    "Prosesnya harus cepat. Paling lambat saya kira Senin, 23 September 2019 pemungutan suaranya sehingga Selasa, 24 September 2019 bisa langsung dirapatparipurnakan," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id