comscore

Cair Juli, Pemerintah Rogoh Rp35,5 Triliun untuk Gaji ke-13

Eko Nordiansyah - 28 Juni 2022 18:28 WIB
Cair Juli, Pemerintah Rogoh Rp35,5 Triliun untuk Gaji ke-13
Pembayaran gaji ke 13. Foto: MI.
Jakarta: Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp35,5 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 yang rencananya akan dicairkan mulai Juli 2022. Anggaran ini tersebar di belanja pemerintah pusat, belanja daerah, hingga bendahara umum negara (BUN).

"Untuk seluruh ASN pusat yang bekerja di kementerian/lembaga, termasuk TNI/Polri total gaji ke-13 ini adalah Rp11,5 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam video conference, Selasa, 28 Juni 2022.
 
baca juga: Sri Mulyani: Gaji ke-13 Siap Dicairkan Awal Juli 2022

Untuk ASN yang ada di pemerintah daerah, pemerintah mengalokasikan Rp15 triliun melalui dana alokasi umum (DAU). Alokasi anggaran ini dapat ditambah sesuai dengan kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing.
"Anggaran untuk gaji ke-13 juga berasal dari pos Bendahara Umum Negara sebesar Rp9 triliun untuk para pensiunan," ungkapnya.

Ia menambahkan, alokasi gaji ke-13 ini diberikan kepada aparatur negara di pemerintah pusat termasuk TNI/Polri sebanyak 1,79 juta pegawai, aparatur negara di pemerintah daerah 3,65 juta pegawai, serta para pensiunan yang mencapai 3,32 juta jiwa.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, gaji ke-13 yang diberikan pada 2022 ini terdiri dari gaji pokok, tunjangan melekat seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan, serta ditambah 50 persen tunjangan kinerja bagi yang memang mendapatkan.

"Jadi perbedaan dengan 2021 adalah THR dan gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan. Bagi pemerintah daerah, aturannya adalah paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan masing-masing APBD," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id