2020, Ekonomi RI Diklaim Mampu Bertahan dari Dampak Pandemi Covid-19

    Eko Nordiansyah - 26 Januari 2021 14:16 WIB
    2020, Ekonomi RI Diklaim Mampu Bertahan dari Dampak Pandemi Covid-19
    Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia - - Foto: MI/ Ramdani



    Jakarta: Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menilai perekonomian Indonesia selama 2020 masih cukup resilient untuk menahan tekanan akibat pandemi covid-19. Meski terkontraksi, ekonomi Indonesia lebih baik dibanding negara lain.

    Kepala BKF Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan ekonomi Indonesia diproyeksikan berada pada kisaran minus 2,2 persen sampai minus 1,7 persen di 2020. Kontraksi ekonomi ini hanya kalah dibandingkan Tiongkok dan Vietnam yang diproyeksi tumbuh positif.

    "Kalau bandingkan negara lain, negara besar seperti G20 dan Asean, kita relatif cukup baik. Mungkin cuma Tiongkok dan Vietnam yang positif," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 26 Januari 2021.




    Menurut proyeksi Dana Moneter Internasional (IMF) ekonomi Tiongkok pada 2020 adalah 2,3 persen dan Vietnam sebesar 2,9 persen. Sementara ekonomi Indonesia diperkirakan akan kontraksi minus 1,5 persen atau dalam rentang perkiraan pemerintah.

    Proyeksi ekonomi Indonesia lebih baik dari Amerika Serikat (AS) yang minus 4,3 persen, Jerman minus lima persen, Prancis minus 9,8 persen, Singapura minus 5,8 persen, Malaysia minus enam persen, Thailand minus 7,1 persen, dan Filipina minus 8,3 persen.


    "Kontraksi kita sangat moderat. Dan dalam konteks kita melakukan respons secara fiskal, spesifik di sini kita tunjukkan angka realisasi sementara (defisit anggaran 2020) minus 6,1 persen dari PDB," jelas dia.

    Febrio menambahkan banyak negara yang harus mengalami defisit anggaran mencapai double digit pada 2020. Hal ini tentunya menunjukan bahwa pemerintah sangat hati-hati dalam menjaga APBN untuk merespon tekanan ekonomi yang terjadi akibat pandemi covid-19.

    "Banyak negara G20 dan ASEAN itu defisitnya sangat dalam sekali bahkan double digit. Performance dibandingkan ekonomi kita, kita relatif cukup resilient dengan banyak negara," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id