Aplikasi Pajak Terus Berinovasi, Lapor SPT Pajak Badan Tak Lagi Rumit

    Adri Prima - 28 April 2021 06:50 WIB
    Aplikasi Pajak Terus Berinovasi, Lapor SPT Pajak Badan Tak Lagi Rumit
    Lapor SPT via online meningkat drastis. dok MI/Arya.



    Jakarta: Pemerintah terus menggenjot pelaporan pajak dari wajib pajak pribadi maupun badan. Setelah melewati batas akhir pelaporan bagi wajib pajak pribadi pada akhir Maret kemarin, kali ini fokus Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) untuk mendorong pelaporan dari wajib pajak badan yang batas akhirnya jatuh di 30 April 2021. 

    Berdasarkan data DJP per 22 April 2021, tercatat sebanyak 491.171 wajib pajak badan telah melaporkan SPT Tahunan Badan. Angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebanyak 388.514 wajib pajak badan yang melapor. 






    Total keseluruhan pelaporan SPT Tahunan Pribadi dan Badan di tahun ini mencapai 11.908.806. Pelaporan SPT tahunan juga didominasi secara elektronik via e-Filing sebanyak 11.383.160 pelaporan.

    Mekari sebagai perusahaan software lewat produk Klikpajak, melihat bahwa masih ada peluang besar untuk mendorong pelaporan SPT Tahunan secara daring yang dilakukan oleh wajib pajak badan di tahun ini. 

    VP Marketing Mekari, Standie Nagadi mengatakan kesadaran dari wajib pajak untuk melakukan pelaporan cenderung meningkat melalui platform online. 

    “Sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP, kami melihat adanya peningkatan kesadaran dari wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak melalui platform online terlebih di masa pandemi saat ini," ujar Standie dalam keterangan resminya, Rabu 28 April 2021. 

    Meski demikian, tak bisa dipungkiri masih banyak wajib pajak yang melapor saat injury time atau jelang batas waktu yang disediakan. Hal ini disebabkan banyak faktor termasuk traffic tinggi yang membuat gagal akses ke DJP Online. 

    “Banyak wajib pajak yang melapor di injury time, kemudian karena traffic tinggi untuk akses ke DJP Online ada kemungkinan gagal akses. Selain itu, banyak wajib pajak yang masih kesulitan melakukan penghitungan pajak ataupun menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pelaporan SPT Tahunan,” terang Standie.  

    Demi menunjang kemudahan pelaporan pajak, aplikasi Klikpajak menawarkan beberapa kemudahan seperti proses yang cepat dengan koneksi stabil, bukti lapor pajak resmi dari DJP, hingga keamanan data. 

    Tak hanya itu, aplikasi ini didukung teknologi cloud, serta terintegrasi dengan software akuntansi (Jurnal by Mekari), yang membuat memudahkan dalam penghitungan pajak otomatis dari setiap transaksi bisnis sesuai peraturan perpajakan terbaru. 

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id