Kasus Covid-19 Terkendali, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksikan 7% di Kuartal II

    Annisa ayu artanti - 15 Mei 2021 13:38 WIB
    Kasus Covid-19 Terkendali, Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksikan 7% di Kuartal II
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2021 akan mencapai tujuh persen. Hal ini seiring kasus covid-19 di Indonesia yang mulai terkendali.

    "Kita ini lihat bahwa trennya ke arah positif dan confirm bahwa perekonomian kita tumbuh kurva v, dan kita berharap pertumbuhan ekonomi di kuartal akan masuk jalur positif dan diperkirakan bisa mencapai tujuh persen," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 15 Mei 2021.

     



    Airlangga menyebut penanganan kasus covid-19 yang baik akan memengaruhi proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan kasus, pemerintah melakukan random test di beberapa titik menuju Jakarta.

    "Yang perlu kita lakukan adalah mencegah agar tidak terjadi lonjakan mobilitas masyarakat terutama pascamudik ini. Pemerintah sudah mengambil langkah-langkah antara lain kewajiban bagi pemerintah untuk melakukan random test di beberapa titik menuju Jakarta," jelasnya.

    Di sisi lain, optimisme pemulihan ekonomi bersumber dari beberapa indikator perekonomian Indonesia yang kini sudah berada di jalur positif. PMI tercatat mencapai 54,6 persen, Indeks Keyakinan Konsumen sudah mendekati ke angka ke normal yaitu 90-an.

    "Kita juga melihat dari perekonomian kita impor dan ekspor juga sudah kembali, dan belanja pemerintah sudah berada di jalur positif, tumbuh positif," ungkapnya.

    Adapun beberapa sektor yang mulai tumbuh positif adalah informasi komunikasi, jasa kesehatan, pertanian, properti dan industri. Kemudian kinerja dari harga komoditas unggulan RI seperti sawit, nikel, copper, dan batu bara juga turut membaik.
     
    "Kita lihat dari cara parsial, ada perbaikan, Sumatra sudah -0,86 persen, Jawa -0,83 persen, Kalimantan -2,23 persen, Sulawesi positif 1,2 persen, bahkan di Maluku dan Papua sudah 8,97 persen," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id