Pemerintah Minta MK Tolak Uji Materi Kebijakan Keuangan Negara

    Eko Nordiansyah - 08 Oktober 2020 15:25 WIB
    Pemerintah Minta MK Tolak Uji Materi Kebijakan Keuangan Negara
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Pemerintah meminta Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi atas Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19.

    Sebagai perwakilan pemerintah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan sejumlah alasan terkait penerbitan UU 2/2020 tersebut.

    "Pertama, menerima keterangan presiden secara keseluruhan. Kedua, menyatakan bahwa para pemohon tidak mempunyai kedudukan hukum atau legal standing," katanya. dalam Sidang Mahkamah Konstitusi dengan agenda Mendengarkan Keterangan DPR dan Presiden tentang Pengujian UU 2/2020 di Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan kehadiran UU 2/2020 sama sekali tidak melanggar hak konstitusional yang diajukan oleh para pemohon. Sebab, penerbitan UU ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi kehidupan masyarakat.

    "Yang sangat nyata terancam dengan merebak dan menyebarnya covid, baik dari aspek keselamatan jiwa karena ancaman kesehatan, keselamatan maupun kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat," jelas dia.

    Dengan demikian, lanjut Sri Mulyani, pemohon tidak dapat memenuhi lima syarat kumulatif terkait kerugian hak dan atau kewenangan konstitusional untuk mengajukan pengujian UU oleh mahkamah.

    "Ketiga, menolak permohonan pengujian para pemohon seluruhnya atau setidak-tidaknya menyatakan permohonan pengujian para pemohon tidak dapat diterima," pungkasnya.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id