Meski Kontraksi, Pertumbuhan Ekonomi 2020 Jadi Pijakan Bagus untuk Tahun Ini

    Eko Nordiansyah - 01 April 2021 17:11 WIB
    Meski Kontraksi, Pertumbuhan Ekonomi 2020 Jadi Pijakan Bagus untuk Tahun Ini
    Ekonomi Indonesia. Foto : MI.



    Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun lalu tak bisa lepas dari dampak pandemi covid-19. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 2,07 persen pada 2020 lalu.

    Namun, Suahasil menyebut kontraksi yang dialami Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini membuat pijakan Indonesia tidak seburuk seperti yang harus dialami oleh negara lain yang kontraksinya lebih dalam.






    "Kontraksi Indonesia itu tidak sedalam negara lain, jadi kita punya pijakan yang bagus negara lain ada yang lebih dalam kontraksinya dari Indonesia yang berarti pijakannya lebih berat," kata dia dalam Temu Stakeholders Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual di Jakarta, Kamis, 1 April 2021.

    Ia menambahkan kontraksi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia ini masih bisa menjadi pijakan agar bisa maju ke depannya. Dengan dasar inilah pemerintah optimistis bahwa pemulihan ekonomi nasional akan bisa dicapai Indonesia tahun ini.

    "Pijakan kita oke, kita punya pijakan. Oleh karena itu kita melihat tahun 2021 pemulihan ekonomi harus jalan terus. Kita harus optimistis, namun kita harus tetap waspada," ungkapnya.

    Tahun ini pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,5 persen hingga 5,3 persen. Optimisme untuk mencapai target pertumbuhan ini semakin meningkat setelah adanya sinyal pemulihan ekonomi untuk 2021.

    Sayangnya, pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 diprediksi masih akan mengalami kontraksi antara minus satu persen sampai dengan minus 0,1 persen. Meski begitu pemulihan ekonomi akan mulai terasa sejak kuartal II dan seterusnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id