Besok, Pemerintah Luncurkan Sukuk Ritel Seri SR014

    Eko Nordiansyah - 25 Februari 2021 17:13 WIB
    Besok, Pemerintah Luncurkan Sukuk Ritel Seri SR014
    Ilustrasi sukuk negara ritel - - Foto: Antara/ Andhika Wahyu



    Jakarta: Pemerintah berencana menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel kepada investor individu secara online (e-SBN). Rencananya Sukuk Negara Ritel seri SR014 akan mulai ditawarkan Jumat, 26 Februari 2021.

    Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyebut penerbitan SR014 dalam rangka mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik. Penerbitan ini juga untuk membiayai APBN.






    "Tujuan penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR014 adalah membantu membiayai APBN termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia dan memperluas basis investor dalam negeri," tulis keterangan resmi DJPPR, Kamis, 25 Februari 2021.

    Masa penawaran SR014 yang dimulai besok akan berakhir pada 17 Maret 2021 dengan tanggal penerbitan pada 24 Maret 2021. SR014 ini berbentuk tanpa warkat dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder, dengan tenor tiga tahun hingga 10 Maret 2024.

    Adapun nominal pembelian per unit adalah Rp1 juta, dengan minimum pemesanan sebesar Rp1 juta serta maksimum Rp3 miliar. Imbalan yang ditawarkan adalah 5,47 persen fixed per tahun dan akan dibayarkan setiap tanggal 10 setiap bulan.

    Sementara itu, minimum holding period untuk SR014 adalah selama tiga kali pembayaran kupon sampai 10 Juni 2021. Artinya, SR014 bisa diperdagangkan mulai 11 Juni 2021 atau setelah berakhirnya minimum holding period tadi.

    Penjualan SR014 dilakukan secara online untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif. Proses pemesanannya dilakukan melalui empat tahap yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen.

    Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri SR014.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id