Pemerintah Kejar Realisasi Stimulus Dekati 100% hingga Akhir Tahun

    M. Ilham Ramadhan Avisena - 11 November 2020 11:12 WIB
    Pemerintah Kejar Realisasi Stimulus Dekati 100% hingga Akhir Tahun
    Deputi Koordinasi Bidang Makroekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Deputi Koordinasi Bidang Makroekonomi dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan stimulus pemerintah ditargetkan akan terealisasi mendekati 100 persen hingga akhir 2020.

    "Diusahakan mendekati angka 100 persen, karena pemerintah akan switching anggaran yang tidak bisa direalisasikan ke anggaran yang gampang direalisasikan," jelasnya saat dihubungi, dikutip dari Mediaindonesia.com, Rabu, 11 November 2020.

    Stimulus itu, kata Iskandar, sebisa mungkin diarahkan pemerintah untuk meningkatkan daya beli dan mendorong geliat UMKM. Pengalihan anggaran stimulus akan dilakukan melalui Banpres produktif untuk usaha mikro, bantuan subsidi upah, hingga bantuan langsung tunai.

    Pemerintah memberikan stimulus untuk menopang perekonomian melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan anggaran mencapai Rp695,2 triliun. Realisasi serapan dari stimulus itu telah mencapai Rp376,17 triliun atau 54,1 persen dari total anggaran. Namun dari enam sektor yang ada di dalam program PEN, pos pembiayaan korporasi terbilang minim penyerapannya.

    Mengenai hal itu, Iskandar mengatakan, pembiayaan koorporasi tersebut sebagian besar merupakan penambahan modal yang akan diberikan kepada perusahaan BUMN. Saat ini pemerintah sedang memproses pencairan pembiayaan korporasi tersebut.

    "Pembiayaan korporasi kan mayoritas tambahan modal. Tinggal tanda tangan Peraturan Pemerintah-nya," pungkas Iskandar.

    Sebelumnya Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mengatakan stimulus pemerintah menjadi pengungkit ekonomi di tengah tekanan pandemi covid-19.

    "Pencairan terakhir stimulus itu berdampak terhadap ekonomi hingga satu persen. Jika 100 persen direalisasikan itu bisa mendorong 3,96 persen. Artinya, kalau stimulus bisa dicairkan lebih baik lagi, sampai 100 persen itu bahkan (ekonomi) kita punya kemungkinan tumbuh positif tahun ini," jelasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id