Pajak UMKM Diklaim Lebih Murah dari Biaya Parkir Mal

    Eko Nordiansyah - 13 Juli 2020 18:21 WIB
    Pajak UMKM Diklaim Lebih Murah dari Biaya Parkir Mal
    Ilustrasi. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
    Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengklaim pajak yang dikenakan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tergolong cukup rendah. Bahkan pajak penghasilan (PPh) UMKM lebih murah dibandingkan biaya parkir di mal.

    Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, saat ini tarif PPh yang dikenakan untuk UMKM hanya 0,5 persen dari omzet. Tarif ini berlaku untuk UMKM yang memiliki omzet di bawah Rp4,8 miliar per tahun.

    "Skemanya sudah jelas, omzet Rp1 juta hanya Rp5.000, mahalan parkir di mal. Kalau sekarang ditanggung, ke depan ketika sudah mulai pulih ya bayar, tapi masa takut bayar 0,5 persen," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

    Menurut dia, selama masa pandemi covid-19 pemerintah menanggung pajak yang dibebankan kepada pelaku UMKM. Artinya pelaku usaha tinggal melaporkan omzetnya agar mendapatkan pembebasan pajak terhitung sejak April hingga September 2020.

    "Sekarang di masa pandemi yang 0,5 persen tadi cukup dihitung saja dan dilaporkan. Kami berharap semuanya lagi fokus ke usaha tetap jangan lupa memanfaatkan ini, hanya meminta pemberitahuan dan enggak harus membayar," ungkap dia.

    Saat ini baru sekitar 200 ribu wajib pajak UMKM yang memanfaatkan insentif berupa PPh ditanggung pemerintah. Jumlah ini terbilang sedikit dibandingkan sekitar 2,3 juta wajib pajak UMKM yang tercatat di DJP telah melaporkan PPh-nya pada tahun lalu.

    "Kalau tahun kemarin yang membayar PPh UMKM ada sekitar 2,3 juta. Ini berarti kurang dari 10 persen (yang memanfaatkan insentif) dari jumlah UMKM tahun kemarin," kata Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo.

    Pemerintah memberikan Rp2,4 triliun untuk pembebasan PPh UMKM sebesar 0,5 persen. Insentif ini masuk dalam program pemulihan ekonomi nasional untuk sektor UMKM yang total alokasinya mencapai Rp123,46 triliun


    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id