Sri Mulyani: Dampak Perubahan Iklim dan Pandemi Punya Guncangan yang Sama

    Eko Nordiansyah - 27 Juli 2021 16:13 WIB
    Sri Mulyani: Dampak Perubahan Iklim dan Pandemi Punya Guncangan yang Sama
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Setkab



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut dampak perubahan iklim dan pandemi covid-19 memiliki goncangan dan tekanan yang sama baik secara global maupun domestik.

    "Climate change adalah global disaster yang magnitude-nya diperkirakan akan sama dengan pandemi," katanya dalam diskusi virtual di Jakarta, Selasa, 27 Juli 2021.

     



    Sri Mulyani menjelaskan semakin banyak negara melakukan pembangunan, semakin besar pula potensi terhadap kenaikan suhu dunia. Hal tersebut karena pembangunan akan mendorong penggunaan energi seiring tingginya mobilitas masyarakat sehingga berimbas terhadap Sumber Daya Alam (SDA).

    "Seluruh kegiatan manusia juga semakin menghasilkan CO2 emission atau emisi karbon yang mengancam dunia dalam bentuk kenaikan suhu," terang dia.

    Karena itu, lanjutnya, banyak negara di dunia tengah berupaya menekan potensi kenaikan suhu sebesar 1,5 derajat agar terhindar dari dampak perubahan iklim yang tidak menentu.

    Dari sisi pandemi, negara yang tidak siap sistem kesehatan, kemampuan fiskal, kedisiplinan dan kemampuan untuk mendapatkan vaksin akan terkendala dampak paling berat.

    "Momentum ini sekarang meningkat dalam beberapa pertemuan para pemimpin-pemimpin dunia," tambahnya.

    Ia pun mengajak semua pihak untuk menangani pandemi sekaligus perubahan iklim lantaran menjadi tanggung jawab ekosistem di seluruh dunia.

    "Tidak hanya bergantung pada satu aktor apakah pemerintah, satu negara meskipun dia powerfull sekalipun tidak akan bisa. Satu perusahaan tidak akan bisa, satu sektor tidak akan bisa. Jadi ekosistem seluruh dunia harus berubah," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id