comscore

Saran Darmin agar Pemerintah Mampu Dongkrak Penerimaan Pajak

Eko Nordiansyah - 07 Juli 2021 17:18 WIB
Saran Darmin agar Pemerintah Mampu Dongkrak Penerimaan Pajak
Mantan Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
Jakarta: Mantan Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution menyebut pemerintah perlu melakukan terobosan dalam menggali penerimaan pajak di tengah situasi sulit. Salah satunya dengan menghapus tarif Pajak Penghasilan (PPh) Final untuk sektor konstruksi dan real estate.
 
Dengan tarif PPh normal, akan ada tambahan penerimaan negara namun dampaknya minim. "Saya sarankan sektor konstruksi dan real estate supaya dinormalkan saja PPh-nya, pasti akan naik (penerimaan). Walaupun pasti akan ada dampaknya, tapi enggak akan proporsional dampaknya," katanya rapat dengar pendapat umum dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 7 Juli 2021.

Darmin menambahkan, pengembalian PPh sektor konstruksi dan real estat ke tarif normal tidak akan berdampak signifikan ke harga maupun biayanya. Justru dengan tarif normal dua sektor ini akan meningkatkan penerimaan pajak dengan cepat.

 



Selain itu, ia menyebut upaya lain yang bisa dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mengenakan benchmark untuk PPh. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan data atau core tax yang saat ini telah dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Ia menjelaskan penggunaan benchmark sudah dipakai di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa. Dengan cara seperti ini, maka pemerintah juga tidak perlu lagi pusing menyasar seluruh wajib pajak untuk level tertentu.

"Misalnya dia ngaku general manager di perbankan, maka pemerintah tentukan benchmark di sana. Gaji GM di bank berapa, bayar pajaknya berapa. Kalau dia di atas benchmark, ya tidak usah diperiksa, itu menurut saya sangat efektif. Kalau di atas benchmark enggak usah diperiksa, pun sudah bagus bayar pajaknya. Orang baik kok disusahin," pungkas Darmin.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id