Vaksinasi 1 Juta per Hari Dorong Perekonomian

    M Ilham Ramadhan - 03 Juni 2021 07:32 WIB
    Vaksinasi 1 Juta per Hari Dorong Perekonomian
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: dok KPCPEN.



    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai capaian program vaksinasi akan berdampak signifikan pada perekonomian nasional. Apabila penyuntikan harian mencapai target satu juta, ekonomi nasional diprediksi melesat.

    Target vaksinasi satu juta per hari dicanangkan pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) dan tuntas pada awal 2022. Sedangkan, jumlah penduduk yang disasar vaksinasi ialah 70 persen dari populasi penduduk, atau sekitar 181,5 juta orang.

     



    "Namun, dilihat vaksinasi harian di Indonesia masih 300 ribuan per hari. Ini memang lebih tinggi dari kondisi bulan puasa, namun belum mencapai 500 ribu atau satu juta per hari, seperti yang kami targetkan," tutur Ani, sapaan akrabnya, dilansir dari Mediaindonesia.com, Kamis, 3 Juni 2021.

    "Bicara 2022, jika ini (target vaksinasi) tidak terkejar, maka 2022 akan terjadi dampak. Karena pandemi covid-19 masih jadi elemen yang menentukan," sambung dia.

    Korelasi antara target vaksinasi dan perekonomian sangat erat dengan tingkat kepercayaan masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang divaksin, kepercayaan untuk beraktivitas dan memutar roda perekonomian juga meningkat.

    Indikator pemulihan ekonomi dari peningkatan kepercayaan masyarakat, lanjut Ani, dapat didorong dengan akselerasi vaksinasi harian. Meski data kepercayaan masyarakat kian menunjukkan perbaikan, namun vaksinasi covid-19 tetap menjadi kunci utama.

    "Kita lihat secara cukup realistis kondisi 2022 sangat dipengaruhi vaksinasi covid-19. Kemudian, ada korelasi negatif ke pertumbuhan ekonomi," jelas Ani.

    Saat ini, Indonesia menjadi negara ke-11 terbesar yang melakukan penyuntikan vaksin. Tercatat, Indonesia telah menyuntikan 26,98 juta dosis vaksin covid-19. Namun, itu belum cukup karena target penyuntikan harian belum terpenuhi.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id