Dorong Penerimaan Pajak, DJP Punya PR untuk Meningkatkan Tax Ratio

    Eko Nordiansyah - 16 Juni 2021 19:03 WIB
    Dorong Penerimaan Pajak, DJP Punya PR untuk Meningkatkan <i>Tax Ratio</i>
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suryo Utomo mengakui bahwa pihaknya memiliki pekerjaan untuk mendorong penerimaan negara. Namun ia menyebut, penerimaan negara tidak hanya bergantung pada kebijakan saja.

    Meskipun saat ini pemerintah tengah melakukan reformasi sistem perpajakan, Suryo mengatakan, peningkatan rasio pajak (tax ratio) juga menjadi penting. Dengan rasio pajak di Indonesia yang masih rendah, penerimaan pajak juga belum optimal.

     



    "Saya sampaikan bahwa upaya kita dalam meningkatkan penerimaan negara apa lagi saya punya pekerjaan rumah (PR) bagaimana meningkatkan tax ratio," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu, 16 Juni 2021.

    Ia menambahkan, DJP saat ini melakukan pekerjaan administrasi berupa implementasi kebijakan-kebijakan yang sudah ada. Tujuannya tidak hanya melayani wajib pajak sebagai hak mereka, tetapi mengingatkan kewajiban wajib pajak yang belum ditunaikan.

    "Dari sisi melayani wajib pajak supaya jadi lebih mudah dalam melakukan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Di sisi lain kami juga sebagai pengingat apabila wajib pajak perlu diingatkan bahwa ada kewajiban perpajakan yang belum tertunaikan," ungkapnya.

    Selain itu, DJP juga berupaya melakukan konsolidasi struktural dalam rangka reformasi sistem perpajakan. Artinya DJP tidak hanya mengurusi hak dan kewajiban dari para wajib pajak namun juga menyiapkan kebijakan yang dibutuhkan untuk mengejar penerimaan.

    "Bagaimana kita membuat kebijakan, mendesain kebijakan, ada value yang ditambahkan dalam bentuk penerimaan negara karena adanya perubahan kebijakan dan yang menjadi basis yang tadi bahwa yang kita buka adalah room yang selama ini kita bisa improve dengan tetap mempertimbangkan kondisi masyarakat," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id