Formulasi RUU APBN 2021 Sinyal Pemulihan Ekonomi RI

    Eko Nordiansyah - 25 September 2020 19:24 WIB
    Formulasi RUU APBN 2021 Sinyal Pemulihan Ekonomi RI
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Wahyu Putro
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) 2021 menjadi sinyal dalam pemulihan ekonomi nasional. Apalagi RUU APBN 2021 sudah mendapat persetujuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

    Dalam RUU APBN 2021, pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar lima persen. Inflasi dipatok sebesar tiga persen, nilai tukar rupiah ditetapkan sebesar Rp14.600 per USD, dan tingkat suku bunga SBN 10 tahun sebesar 7,29 persen.

    Sementara harga minyak mentah Indonesia (ICP) disepakati sebesar USD45 per barel. Kemudian lifting minyak bumi ditargetkan sebanyak 705 ribu barel per hari dan lifting gas bumi sebanyak 1,007 juta barel setara minyak per hari.

    "Di satu sisi memberikan sinyal kepada masyarakat dunia usaha bahwa kita ingin terus support agar mereka bisa pulih dan bangkit kembali," kata Sri Mulyani dalam rapat dengan Banggar di DPR, Jumat, 25 September 2020.


    Sri Mulyani menambahkan RUU APBN 2021 juga menunjukkan adanya kehati-hatian dari pemerintah dalam mengelola keuangan negara. Misalnya terkait defisit anggaran yang diperkirakan mencapai Rp1.006,4 triliun atau 5,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

    "Di sisi lain juga memberikan sinyal kehati-hatian, sinyal prudent atau kebijakan dalam menjaga keseluruhan dan keberlangsungan dari APBN yang merupakan instrumen fiskal penting yang bekerja luar biasa keras dalam situasi covid," jelas dia.

    Oleh karena itu, ia berharap instrumen APBN bisa menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga daya tahan dan memulihkan ekonomi serta kehidupan masyarakat di 2021. Meskipun tahun depan masih ada ketidakpastian mengenai pandemi covid-19.

    "Kami berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan bapak ibu pimpinan anggota DPR terhormat. Termasuk pada hari ini, telah menetapkan RUU RAPBN 2021 disetujui pada tahap pertama untuk dibawa ke tahap sidang paripurna," pungkasnya.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id