Jurus Pemerintah Jaga Ketahanan Ekonomi Akibat Korona

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 Februari 2020 16:07 WIB
    Jurus Pemerintah Jaga Ketahanan Ekonomi Akibat Korona
    Diskusi Polemik. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Pemerintah telah menyiapkan sejumlah paket kebijakan ekonomi. Ini untuk mengantisipasi terganggunya perekonomian akibat penyebaran virus COVID-19.

    "Ada paket-paket kebijakan ekonomi termasuk insentif-insentif," kata tenaga ahli utama Kepresidenan Kantor Staf Presiden (KSP) Dany Amrul Ichdan dalam diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Februari 2020.

    Dany mengungkapkan pemerintah bakal mendorong proyek infrastruktur padat karya, modal, dan tenaga kerja. Dia menyebut langkah itu untuk menjamin perputaran uang berjalan optimal.

    Langkah selanjutnya, mendorong sektor pariwisata Indonesia. Salah satunya, pemberian diskon tiket pesawat hingga 50 persen.

    "Ketiga, pemerintah akan menurunkan bantuan-bantuan sosial seperti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)," tutur Dany.

    Bank Indonesia (BI) juga akan menurunkan suku bunga kredit. Target utama penurunan ini ialah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di daerah agar bisa menggeber perekonomian.

    (Baca: Wamenkeu: Ekonomi RI Berpotensi Turun 0,3% Akibat Korona)

    "Pendapatan nasional harus dijaga. Kita dorong UKM untuk berdaya saing dengan memberi fasilitas-fasilitas," tutur Dany.

    Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut ekonomi Indonesia berpotensi mengalami penurunan 0,3 persen seiring perekonomian Tiongkok yang diperkirakan turun satu persen akibat wabah virus korona. 

     Hal ini terjadi karena Tiongkok merupakan mitra dagang utama Indonesia. Sehingga, dampaknya akan berpengaruh pada negara.

    “Kita mengekspor barang, kalau di sana gerakan ekonominya turun maka ekspor Indonesia turun. Kita juga impor banyak dari sana, kalau di sana kegiatan ekonominya berhenti, impornya enggak dikirim ke sini,” papar dia. 

    Pemerintah terus berupaya agar perekonomian Indonesia tidak turun. Salah satunya dengan memberikan berbagai stimulus fiskal dan moneter serta perbaikan pada sektor riil.

    (Baca: Waspada Dua Babak Dampak Ekonomi Virus Korona)




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id