Tanggulangi Korona, Sri Mulyani: Masalahnya Bukan Uang

    Eko Nordiansyah - 18 Maret 2020 19:20 WIB
    Tanggulangi Korona, Sri Mulyani: Masalahnya Bukan Uang
    Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Antara/ Indra Arief
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin uang bukan penghalang bagi pemerintah dalam menangani penyebaran virus korona (covid-19). Masalahnya berada pada sumber daya pendistribusian logistik.

    Saat ini pemerintah telah memiliki gugus tugas untuk penanganan korona di Indonesia yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) bersama sejumlah kementerian/lembaga.

    "Kita posisinya terus dukung, jangan sampai kekurangan resources. Masalahnya bukan uang, tapi SDM untuk logistic delivery," kata Ani sapaannya dalam video conference di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Menurutnya ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat menjadi hal penting yang harus dijamin oleh pemerintah. Selain itu, pemerintah juga harus memastikan penanganan pasien covid-19 berjalan maksimal termasuk menekan penyebaran wabah itu.

    "Probabilitas recovery besar tapi penularan itu penting, karena nanti muncul masalah baru. Fokus kita mereka yang sudah recover dan kena suspect, tidak lakukan aktivitas yang memungkinkan terjadi penularan," ungkapnya.

    Hingga kini koordinasi dalam gugus tugas penanganan covid-19 berjalan dengan baik. Dalam tim ini, pemerintah akan melihat perkembangan mengenai status lockdown (mengisolasi wilayah) atau hanya cukup social distancing (menjaga jarak) dan pembatasan aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran korona.

    "Kesiapan? Pasti disiapkan. Kalau BNPB memutuskan isolasi, pasti sudah dipikirkan juga bagaimana supporting growth," jelas dia.  

    Jumlah pasien positif virus korona di Indonesia bertambah menjadi 227 orang. Angka ini meningkat jauh dari sebelumnya yang hanya 172 orang pada Selasa, 17 Maret 2020.
     
    "Sampai 18 Maret 2020 pukul 12.00 WIB ada penambahan sebanyak 55 kasus positif," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto saat konprensi pers di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id