Pelapor SPT Sudah Capai 5,83 Juta Wajib Pajak

    M Ilham Ramadhan - 12 Maret 2021 11:05 WIB
    Pelapor SPT Sudah Capai 5,83 Juta Wajib Pajak
    Pelapor SPT sudah capai 5,83 juta wajib pajak. Foto: Medcom.id.



    Jakarta: Sebanyak 5,83 juta wajib pajak (WP) baik individu maupun badan telah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 2020. Jumlah pelapor itu merupakan data yang terekam oleh Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) per 10 Maret 2021.

    "Jumlah pelapor SPT telah mencapai 5,83 juta WP. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 6,60 juta pelapor," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu Neilmaldrin Noor dalam keterangan resmi, dilansir dari Mediaindonesia.com, Jumat, 12 Maret 2021.

     



    Jumlah pelapor SPT yang mencapai 5,83 juta WP, terdiri dari 5,63 juta WP orang pribadi dan 198 ribu WP badan. Angka itu lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pelapor SPT WP individu mencapai 6,41 juta dan WP badan 197 sebanyak ribu.

    WP orang pribadi yang melaporkan SPT secara daring tercatat sebanyak 5,44 juta. Adapun yang melaporkan secara manual tercatat 186 ribu WP. Sedangkan WP badan yang melaporkan SPT secara daring tercatat 167 ribu dan yang melaporkan secara manual sebanyak 30 ribu.

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau seluruh masyarakat untuk segera menyampaikan SPT dan membayar kewajiban pajak 2020. Apalagi Ditjen Pajak telah memfasilitasi layanan secara daring.

    "Kita semua tentu mengimbau kepada seluruh WP individu untuk bisa melaksanakan kewajiban pembayaran pajak 2020 lalu. Kewajiban membayar pajak bisa disampaikan secara elektronik, tidak perlu datang ke kantor pajak," kata Ani, sapaan akrabnya, seusai menyampaikan SPT tahunan secara daring, Senin, 8 Maret 2021 lalu.

    Masa pelaporan SPT WP orang pribadi akan berakhir pada 31 Maret 2021. Adapun masa pelaporan SPT WP badan berakhir pada 30 April 2021. Namun, masyarakat diminta segera melakukan pelaporan untuk menghindari kepadatan lalu lintas di laman Ditjen Pajak.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id