comscore

Strategi Pemerintah Tingkatkan Rasio Pajak

Eko Nordiansyah - 14 Maret 2019 18:16 WIB
Strategi Pemerintah Tingkatkan Rasio Pajak
Wamenkeu Mardiasmo. MI/AGUNG WIBOWO.
Jakarta: Pemerintah berupaya mendorong rasio perajakan (tax ratio) nasional demi meningkatkan penerimaan negara. Saat ini tax ratio Indonesia masih berada di bawah 15 persen, atau tergolong rendah di antara negara-negara lain.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, upaya reformasi perpajakan terus dilakukan dalam meningkatkan tax ratio. Pertama dengan meningkatkan layanan bagi wajib pajak dengan standar yang sama di seluruh kantor pelayanan pajak.
"Kalau sama, tidak ada ketidakadilan, kong kali kong. Kalau dia patuh dia akan membayar sukarela," kata Mardiasmo dalam Seminar Nasional Perpajakan, di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

Dirinya menambahkan, Kementerian Keuangan juga berupaya meningkatkan tenaga pemeriksa di DJP. Selain itu, kegiatan untuk meningkatkan kesadaran pajak yang menyasar wajib pajak masa depan dengan literasi terkait fungsi pajak bagi kesejahteraan bangsa.

"Bukan untuk pejabat, bukan untuk Kementerian Keuangan, sehingga menggugah kesadaraan bela negara melalui bayar pajak. Terakhir, internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan untuk meningkatkan moral dan disiplin dengan kode etik yang memadai," jelas dia.

Mardiasmo menyebut, meningkatkan kepatuhan wajib pajak juga bisa dilakukan melalui kajian riset akademik. Dirinya berharap keterlibatan akademisi dalam bentuk riset akan membantu menjawab keraguan masyarakat dan meyakinkan seluruh stakeholder.

"Rekomen yang bersifat ilmiah, dengan dasar teori yang kuat, merupakan masukan yang berharga bagi DJP untuk mengevaluasi dan memperbaharui sistem yang sudah ada dan mengikuti pola pikir wajib pajak," pungkasnya.

Data DJP, tax ratio Indonesia berada di level 11,5 persen pada 2018. Rasio pajak ini meliputi pendapatan pajak, pendapatan bea dan cukai, penerimaan sumber daya alam (SDA), dan penerimaan dari pertambangan umum.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id