Akhir Agustus, Realisasi Anggaran PEN Capai Rp211,6 Triliun

    Eko Nordiansyah - 04 September 2020 12:31 WIB
    Akhir Agustus, Realisasi Anggaran PEN Capai Rp211,6 Triliun
    Ilustrasi realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp211,6 triliun hingga Agustus 2020. Realisasi ini mencapai 30,4 persen dari total pagu yang disediakan sebesar Rp695,2 triliun.

    Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan pemerintah akan mempercepat realisasi anggaran tersebut lantaran pada semester I lalu, realisasinya baru sebesar Rp124,62 triliun.

    "Juli itu sekitar Rp147,67 triliun, ada tambahan Rp23,05 triliun. Sampai Agustus kenaikannya tiga kali lipat jadi Rp63,93 triliun atau ke Rp211,6 triliun. Jadi ada percepatan di sini," katanya dalam webinar di Jakarta, Jumat, 4 September 2020.

    Jika dirinci realisasi anggaran terdiri dari bidang kesehatan sebesar Rp13,97 triliun, perlindungan sosial Rp109,94 triliun, sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah Rp16,75 triliun, insentif usaha Rp18,85 triliun, dukungan UMKM Rp52,09 triliun.

    Dari jumlah itu, hanya pembiayaan korporasi yang belum terealisasi dari alokasi anggaran Rp120,61 triliun. Sebab, pemerintah masih menunggu waktu yang tepat untuk merealisasikan pembiayaan korporasi dalam program PEN tersebut.

    Meski begitu, upaya percepatan dilakukan dengan redesign program agar lebih efektif hingga mempercepat proses birokrasi. Pemerintah juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program-program yang saat ini tengah dijalankan.


    "Harapannya di kuartal III dan kuartal IV itu konstruksi pemerintah naik, termasuk konsumsi masyarakat. Sehingga ekonomi growth-nya akan jauh lebih baik," pungkasnya.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id