PR Indonesia Menuju Negara Maju 2045

    Eko Nordiansyah - 19 Agustus 2020 12:56 WIB
    PR Indonesia Menuju Negara Maju 2045
    Presiden Joko Widodo - - Foto: Medcom
    Jakarta: Presiden Joko Widodo berambisi Indonesia akan menjadi negara maju di 2045 atau bertepatan dengan hari ulang tahun RI yang ke-100. Ambisi tersebut dapat diwujudkan dengan memanfaatkan momentum krisis akibat pandemi sebagai batu loncatan.

    Namun, pemerintah masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah (PR) dalam mencapai visi pembangunan ekonomi tersebut. Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan dalam jangka pendek, pemerintah perlu mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional melalui penanganan covid-19.

    "Percepatan stimulus ekonomi sehingga dapat mengembalikkan trajectory pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali pada kondisi sebelum covid-19," katanya kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2020.

    Selain itu, pemerintah perlu mendorong percepatan reformasi struktural mengingat rendahnya produktivitas nasional imbas rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), gap infrastruktur, serta tingkat adopsi teknologi.

    "Dalam rangka peningkatan kualitas SDM, pemerintah perlu memanfaatkan bonus demografi secara khusus masyarakat berpenghasilan menengah untuk bekerja di sektor-sektor formal," ungkapnya.

    Di sisi lain, peningkatan iklim usaha juga perlu menjadi perhatian. Di antaranya melalui penyederhanaan regulasi dan birokrasi sehingga tidak menimbulkan high cost economy. Dengan demikian, ekonomi Indonesia dapat naik kelas serta memiliki daya saing produk ekspor di pasar internasional.

    "Dengan peningkatan produktivitas nasional yang berkesinambungan, maka diharapkan perekonomian Indonesia dapat tumbuh di kisaran enam sampai tujuh persen, sehingga pada peringatan kemerdekaan Indonesia ke-100 pada tahun 2045, Indonesia sudah naik kelas menjadi negara maju," pungkas dia.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id