Presidensi G20 Bakal Tarik Investasi ke Indonesia

    Antara - 21 September 2021 23:01 WIB
    Presidensi G20 Bakal Tarik Investasi ke Indonesia
    Ilustrasi perjanjian kerja sama dengan investor - - Foto: dok Medcom



    Jakarta: Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Tauhid mengatakan sebagai tuan rumah Presidensi G20 pada tahun, Indonesia bisa kedatangan banyak investasi asing.

    "Dengan melihat Indonesia, meskipun tidak secara langsung untuk beberapa negara, investasi dari luar negeri bisa masuk ke Indonesia. Harapannya begitu," kata Tauhid kepada Antara, Selasa, 21 September 2021.

    Hanya saja, lanjut dia, potensi masuknya investasi tersebut akan lebih besar apabila perwakilan negara anggota G20 bisa datang dan melihat Indonesia secara langsung. Hal ini pun akan bergantung pada kondisi penyebaran covid-19 saat Forum G20 dilaksanakan di Indonesia pada 2022.

     



    Di samping itu, kata dia, Indonesia berpotensi mendapatkan keuntungan lain apabila negara-negara anggota G20 memberikan bantuan keuangan secara langsung. Kemudian Indonesia juga bisa mendapatkan keuntungan apabila komitmen yang disepakati oleh negara-negara G20 menguntungkan Indonesia.

    "Dari komitmen-komitmen itu apakah menguntungkan kita. Kalau hasil-hasil agenda yang disepakati bukan agenda Indonesia ya kita rugi," imbuhnya.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia saat penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia, akhir Oktober 2021.

    Setelah itu Indonesia akan resmi menjadi Presidensi G20 pada 1 Desember 2021 hingga November 2022 dengan tema Recover Together, Recover Stronger atau pulih bersama dan pulih lebih kuat.

    Presidensi G20 selama 2021-2022 ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah G20, sejak perkumpulan yang berkontribusi pada 85 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dunia itu didirikan pada 1999.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id