Sri Mulyani Klaim Keberhasilan Penurunan Covid-19 RI Merupakan Prestasi

    Eko Nordiansyah - 21 Oktober 2021 13:43 WIB
    Sri Mulyani Klaim Keberhasilan Penurunan Covid-19 RI Merupakan Prestasi
    Menkeu Sri Mulyani Medcom Eko. Foto : Medcom.



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, keberhasilan pemerintah yang mampu mengendalikan lonjakan kasus covid-19 sebagai sebuah prestasi. Menurut dia, pencapaian ini merupakan kerja keras dari semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, termasuk masyarakat.

    "Indonesia berhasil mengendalikan. Ini prestasi dan hasil kerja keras nyata dari semua pihak," kata dia dalam webinar, Kamis, 21 Oktober 2021.

     



    Ia menjelaskan, pengendalian covid-19 bisa jadi merupakan sebuah prestasi karena Indonesia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dan letak geografisnya juga sangat rumit. Meski saat ini di kawasan ASEAN mayoritas sudah melewati lonjakan kasus covid-19 akibat varian delta, kecuali Singapura yang angka kasusnya masih tinggi.

    "Perbandingan antar negara ini menggambarkan Indonesia didalam mengendalikan covid-19 sebagai sebuah prestasi yang luar biasa. Karena negara kita penduduknya besar dan geografisnya juga sangat rumit dibandingkan negara-negara lain yang biasanya geografisnya lebih compact dan penduduknya lebih kecil," ungkap dia.

    Sri Mulyani berharap penurunan kasus covid-19 ini bisa menormalisasi kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat sehingga program pemulihan ekonomi nasional bisa dijalankan dan pulih kembali. Apalagi pemerintah juga mulai melonggarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

    Meski begitu, ia juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya. Pasalnya saat ini beberapa negara juga masih menghadapi tren kasus covid-19 yang cukup tinggi seperti di Rusia, Turki dan bahkan Inggris yang belum bisa mengalami penurunan kasus.

    "Ini situasi yang sangat pelik bagi pembuat kebijakan karena kenaikan kasus mengharuskan negara merespons dengan langkah-langkah menyelamatkan masyarakatnya," pungkas dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id