Sri Mulyani: Pandemi Membuat Kemunduran Pembangunan RI

    Eko Nordiansyah - 18 Februari 2021 12:01 WIB
    Sri Mulyani: Pandemi Membuat Kemunduran Pembangunan RI
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai pandemi covid-19 telah memberikan dampak ke berbagai sektor kehidupan, baik dari sisi kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Bahkan pandemi membuat kemunduran dari pembangunan yang telah dijalankan pemerintah.

    "Pandemi membuat kemunduran banyak prestasi pembangunan di negara ini," kata dia dalam webinar di Jakarta, Kamis, 18 Februari 2021.




    Ia menambahkan, salah satu dampak yang ditimbulkan dari pandemi adalah terbatasnya anggaran untuk melanjutkan pembangunan. Padahal, pemerintah terus berupaya mengejar ketertinggalan infrastruktur untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

    "Khusus di situasi seperti ini, hampir sepertiga dari anggaran kita dialokasikan untuk menyelesaikan isu pandemi. Dan pastinya sumber (anggaran) pemerintah itu terbatas, bukan tidak terbatas, sehingga ada trade off isu pandemi dengan isu lainnya," ungkapnya.

    Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melebarkan defisit anggaran. Sama seperti yang dilakukan negara lain, pemerintah melebarkan defisit anggaran menjadi 6,09 persen dari PDB tahun lalu.

    Sri Mulyani menyebut, rasio utang pemerintah juga harus mengalami kenaikan menjadi sekitar 40 persen dari PDB untuk memenuhi kebutuhan anggaran selama pandemi. Namun, ia menjamin bahwa utang ini dikelola dengan baik dan masih dalam kondisi yang aman.

    "Bagi kami pendanaan menjadi sangat kritikal dan ini tidak hanya berlaku bagi Indonesia dan Asia saja, tapi masalah umum untuk semua negara di dunia, yaitu bertambahnya utang dan masalah keberlangsungan fiskal dan perekonomian," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id