Gempa Sulbar, 279 Aset Negara Rusak dengan Kerugian Rp494 Miliar

    Eko Nordiansyah - 22 Januari 2021 15:19 WIB
    Gempa Sulbar, 279 Aset Negara Rusak dengan Kerugian Rp494 Miliar
    Ilustrasi kerusakan bangunan milik negara akibat gempa di Sulawesi Barat - - Foto: AFP/ Hariandi Hafid/Ola Gondronk/Muhammad Rifki/Firdaus



    Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mencatat kerusakan barang milik negara akibat gempa di Sulawesi Barat mencapai Rp494,28 miliar. Kerusakan ini terjadi pada 279 obyek BMN di Kabupaten Mamuju dan Majene.

    "Ini berupa bangunan, rumah negara, maupun kantor yang dukung tugas fungsi pemerintah pusat di khususnya kota Mamuju dan Majene," kata Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Ekka Sudana dalam video conference di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.






    Ia menyebutkan bangunan terdampak terdiri dari 118 objek berupa bangunan negara dan 161 objek berupa gedung bangunan kantor untuk memberikan pelayanan publik. Selain itu, sejumlah infrastruktur juga harus mengalami kerusakan akibat bencana ini.

    "Dampak ke infrastruktur cukup banyak juga terhadap 23 jembatan dan untuk jalan sementara yang kami peroleh data 20 km di jalan Trans Sulawesi. Nilainya cukup lumayan Rp405,72 miliar," jelas dia.

    Ekka menyebut salah satu kerusakan terparah terjadi di gedung keuangan negara di Mamuju yang mengalami rusak berat mulai lantai satu hingga lantai lima dengan total kerugian mencapai Rp75 miliar. Akibatnya pelayanan tatap muka tidak bisa dilakukan.

    "Contoh lain gedung BPKP Mamuju, bangunannya rusak dan nilainya Rp23 miliaran. Lalu LPP TVRI Sulbar, ini bisa gambarkan betapa rusaknya dan sementara pelayanan TVRI di sana mencari tempat lain dulu, (kerugian) sekitar Rp5 miliar," ungkapnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id