Sri Mulyani Wanti-Wanti Jangan Sampai LPI seperti 1MDB Malaysia

    Eko Nordiansyah - 25 Januari 2021 18:10 WIB
    Sri Mulyani Wanti-Wanti Jangan Sampai LPI seperti 1MDB Malaysia
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: AFP



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewanti-wanti Lembaga Pengelola Investasi (LPI) untuk menerapkan tata kelola yang baik. Ia menyebut kasus yang pernah terjadi di lembaga serupa di Malaysia bisa menjadi pelajaran yang harus diwaspadai.

    "1MDB disebutkan sebagai contoh yang harus diwaspadai. Kami juga menyadari mengenai hal ini," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR secara virtual di Jakarta, Senin, 25 Januari 2021.






    Bahkan, Sri Mulyani menyebut pihaknya telah secara spesifik menanyakan perihal bagaimana peran dewan pengawas (dewas) untuk menjamin tata kelola yang baik. Tujuannya adalah agar LPI bisa menghindari kasus seperti yang dialami oleh 1MDB di Malaysia.

    "Karena itu pondasi transparansi akuntabilitas perlu dibangun. Terutama nanti di dalam keputusan awal dewas yang merupakan peraturan awal yang menjadi pondasi dewan direktur melaksanakan tugas," ungkapnya.

    Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas, nantinya audit terhadap LPI akan dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang diusulkan oleh dewas bukan dewan direksi. Kalaupun tidak diaudit KAP, tidak berarti akan mengurangi kriteria tata kelola dan governance.

    "Bahkan juga akan mendekatkan apa yang disebut praktik transparansi dan akuntabilitas terbaik yang bisa kita adopsi dalam membangun tata kelola dari SWF kita," pungkas dia.  .

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id