Ditekan Ketidakpastian Global, Ekonomi RI Konsisten di 5%

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2019 11:32 WIB
    Ditekan Ketidakpastian Global, Ekonomi RI Konsisten di 5%
    Menko Perekonomian Darmin Nasution. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap stabil tumbuh sekitar lima persen. Padahal kondisi ekonomi global yang dipenuhi dengan ketidakpastian banyak memengaruhi perekonomian negara-negara di dunia.

    "Indonesia turun tapi tidak banyak dari lima persen menjadi lima persen kira-kira. Itu keuntungan dalam situasi eko global lesu, kita tidak sebanyak negara lain terpengaruh," kata dia dalam seminar di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

    Dirinya menambahkan, saat ini ekonomi dunia masih dalam perjalanan menuju titik keseimbangan baru. Proses ini ditandai dengan kebijakan proteksionisme di negara-negara maju, yang dibarengi dengan pelonggaran kebijakan moneter negara maju maupun negara berkembang.

    Sementara bagi Indonesia, kondisi global tidak banyak berpengaruh karena ekonomi nasional tidak didominasi oleh kinerja ekspor impor. Hal ini menyebabkan kendala ekspor impor di perdagangan global tidak banyak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

    "Negara lain yang porsi perdagangan internasional dalam perekonomian besar barangkali sudah terpukul jauh perekonomian. Lihat Singapura, kita tahu seperti apa sekarang, bahkan karena pertumbuhan (ekonomi) delapan persen atau lebih saat ini pertumbuhan di enam koma sekian persen," jelas dia.

    Meski begitu, struktur perekonomian Indonesia tidak akan menguntungkan jika ekonomi global membaik. Pasalnya, dengan tidak mengandalkan ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, maka dampak perbaikan ekonomi global akam terbatas.

    "Tetapi kelemahannya kalau ekonomi nanti sudah pulih, maka ekonomi yang peranan ekspor di dalam PDB besar itu akan segera pertumbuhannya melampaui pertumbuhan (ekonomi) kita," pungkasnya.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id