comscore

Sri Mulyani: Dana Abadi Pendidikan Rp119,1 Triliun untuk Perbaiki Kualitas SDM

Eko Nordiansyah - 04 Juli 2022 15:41 WIB
Sri Mulyani: Dana Abadi Pendidikan Rp119,1 Triliun untuk Perbaiki Kualitas SDM
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: dok Kemenkeu
Jakarta: Pemerintah konsisten menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam dana abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp119,1 triliun selama satu dekade perjalanan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Alokasi dana abadi pendidikan merupakan salah satu upaya mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembiayaan beasiswa untuk generasi terbaik bangsa adalah salah satu bentuk keberpihakan APBN terhadap pendidikan dan pengembangan SDM secara umum. Apalagi pemerintah juga memiliki target untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045.
"Untuk mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045, salah satu prasyarat adalah tercapainya SDM yang berkualitas. Dalam hal ini, LPDP berkontribusi dalam memperkuat kualitas SDM Indonesia melalui dukungan pendidikan kelas terbaik dunia," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Juli 2022.

Ia menyebut, kebijakan ini juga menunjukkan aspek keberlanjutan APBN yang tidak hanya untuk menjawab kebutuhan saat ini namun juga tantangan masa depan, manfaatnya pun juga akan dirasakan dari generasi ke generasi, tak terbatas waktu atau pemerintahan yang akan terus silih berganti.

LPDP kembali membuka pendaftaran beasiswa Tahap II untuk tahun ini. Pembukaan beasiswa dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan yakni pada periode Februari untuk Tahap I lalu dan kembali dibuka pada hari ini untuk Tahap II. Pada pembukaan tahap II, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada berbagai kategori beasiswa yang telah disiapkan dari 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

Seluruh rangkaian proses seleksi hingga diperoleh awardee terpilih akan berlangsung hingga 11 November 2022 mendatang. LPDP berharap agar calon pendaftar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah terbuka lebar ini dan segera memantaskan diri untuk dapat meningkatkan harkat martabat diri melalui pendidikan.
 
Baca juga: Ini 3 Beasiswa yang Ditawarkan dalam LPDP Tahap II 2022


Selain itu diharapkan agar para calon pendaftar terus mencurahkan pengabdian untuk masyarakat Indonesia dengan masing-masing keahliannya. Para calon pendaftar juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih terbaiknya setelah menyelesaikan pendidikan sebagai buah dari investasi pendidikan Indonesia untuk membangun Indonesia.

Beasiswa LPDP diberikan kepada masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan, diharapkan dapat mampu meruntuhkan berbagai tembok penghalang yang menghambat putra-putri terbaik bangsa dalam mengakses pendidikan unggul dunia, baik hambatan yang bersifat struktural, kultural, maupun spasial. Dari sisi kesetaraan gender misalnya, lebih dari 51 persen Awardee LPDP adalah perempuan.

Keberpihakan LPDP pada program afirmasi terhadap putra-putri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur yang sebelumnya terkesan jauh dari sorot pembangunan, kini semakin ditingkatkan sosialisasi dan pelayanannya. Begitu pula dengan masyarakat penyandang disabilitas, telah memiliki kesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunan bangsa.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id