Kasus Covid Naik Lagi, Sri Mulyani Was-was Pemulihan Ekonomi Terganggu

    Eko Nordiansyah - 11 Juni 2021 13:29 WIB
    Kasus Covid Naik Lagi, Sri Mulyani Was-was Pemulihan Ekonomi Terganggu
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku khawatir atas peningkatan kasus harian covid-19 di Indonesia. Lonjakan kasus ini dinilai akan mengganggu proses pemulihan ekonomi yang selama ini sudah berjalan.

    Ia mengatakan ekonomi negara lain sudah mulai tumbuh didukung oleh pengendalian covid-19 serta upaya vaksinasi. Sementara di Indonesia, justru terjadi kenaikan kasus yang harus segera mendapat perhatian serius dari pemerintah.

     



    "Kita sekarang di Indonesia menunjukkan adanya gelombang kenaikan, untuk Indonesia kita perlu melakukan kewaspadaan yang sangat tinggi," kata dia dalam webinar di Jakarta, Jumat, 11 Juni 2021.

    Untuk itu, pemerintah berupaya mempercepat proses vaksinasi didukung penerapan protokol kesehatan. Dengan upaya tersebut diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa kembali positif pada kuartal II dan berlanjut hingga akhir tahun.

    "Itu bisa berjalan pada kuartal II dan akan berlanjut pada kuartal selanjutnya. Pemerintah tetap fokus menangani Covid-19 dan memulihkan ekonomi, itu perhatian kita saat ini, detik ini, pada hal-hal tersebut," ungkapnya.

    Selain itu, pemerintah juga menggunakan instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk meredam dampak pandemi. Tahun lalu pemerintah memprioritaskan penanganan pandemi dengan realokasi anggaran mencapai Rp590 triliun.

    "Itu mencakup kesehatan, bansos, UMKM dan membantu dunia usaha, korporasi dan daerah dan memacu sektor-sektor bangkit kembali. Tahun ini pemerintah menaikkan kembali anggaran PEN menjadi Rp699 triliun," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id