comscore

Mulai Longgar, Kewajiban Masuk Mal Pakai PeduliLindungi Bakal Diperketat

Eko Nordiansyah - 04 Juli 2022 16:38 WIB
Mulai Longgar, Kewajiban Masuk Mal Pakai PeduliLindungi Bakal Diperketat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Istimewa.
Jakarta: Pemerintah akan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Hal ini untuk mengurangi lonjakan kasus covid-19 yang sudah terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu yang akan kembali diperketat adalah kewajiban untuk scan PeduliLindungi. Menurutnya, saat ini kewajiban tersebut mulai mengendur.
"Kita lihat di beberapa mal tidak seketat sebelumnya, jadi saya memonitor di beberapa mal dan beberapa kegiatan itu aplikasinya barcode-nya ada, tapi banyak pengunjung yang masuk tanpa scan, ini saya pikir sudah menjadi catatan," kata dia dalam video conference, Senin, 4 Juli 2022.

Ia menambahkan, kewajiban untuk scan barcode PeduliLindungi juga berlaku untuk restoran, sekolah, bioskop, serta tempat-tempat keramaian. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap memakai masker.

"Dan menjadi yang utama (scan PeduliLindungi) kan ke mal, restoran, sekolah, bioskop yang lain itu tetap diperketat, dan di luar pun kalau jaraknya dekat silakan menggunakan masker," ungkapnya.
 
Baca juga: Kemenperin: Kebijakan PPKM akan Diberlakukan di 385 Kabupaten/Kota Luar Jawa Bali


Airlangga menyebut, Satgas Covid-19 juga telah mengeluarkan surat edaran berupa kewajiban vaksinasi dosis 3 (booster) untuk aktivitas yang menyebabkan keramaian. Ia mengingatkan pandemi saat ini belum berakhir.

"(Scan) PeduliLindungi di berbagai tempat untuk terus diperketat jadi tidak boleh kendor karena beberapa tempat termonitor agak kendur, jadi ini yang harus ditingkatkan lagi, karena tadi diingatkan beberapa negara masih tinggi, jadi pandemi belum usai," pungkas dia.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id