Airlangga Optimistis Penuhi Target Pertumbuhan Ekonomi 5% dari Jokowi

    Eko Nordiansyah - 04 Maret 2021 14:27 WIB
    Airlangga Optimistis Penuhi Target Pertumbuhan Ekonomi 5% dari Jokowi
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok. Kemenko Perekonomian.



    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimistis bahwa target pertumbuhan ekonomi seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo bisa dipenuhi. Presiden Jokowi menargetkan ekonomi Indonesia bisa tumbuh lima persen di 2021.

    "Bapak Presiden meminta agar kita bisa menjaga di level lima persen, dan di 2022 targetnya adalah 4,8 persen sampai enam persen. Tentu kita bisa optimis," kata dia dalam Raker Kemendag 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.






    Ia menambahkan, salah satu pendorong optimisme untuk pertumbuhan ekonomi yang positif tahun ini adalah membaiknya Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia di atas level 50. Bahkan pada Januari 2021, PMI manufaktur Indonesia sebesar 52,2.

    Selain itu, pemulihan ekonomi juga terlihat dari membaiknya penjualan ritel, serta kembalinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan nilai tukar rupiah ke level sebelum pandemi covid-19. Di sisi lain, neraca perdagangan juga mengalami surplus sejak tahun lalu.

    "Sepanjang tahun 2020 surplus USD21,74 miliar, ini tentu meski terjadi penurunan di bidang impor maupun ekspor, namun ini memberikan harapan karena sektor pertanian dan industri sepanjang 2020 sektornya ini tumbuh ekspornya 14 persen dan 2,94 persen," jelas dia.

    Airlangga menyebut, peningkatan ekspor ini juga didukung oleh kenaikan harga komoditas di pasar internasional. Bahkan komoditas andalan Indonesia seperti kelapa sawit, batu bara, dan nikel juga mengalami kenaikan harga sehingga kontribusinya positif.

    "Kita lihat negara tujuan ekspor kita masih negara-negara yang selalu menjadi andalan, Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, India, dan Malaysia. Tentunya kita melihat ada potensi bahwa ini adalah sektor ekspor didorong oleh sektor manufaktur," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id