Penerapan Multitarif PPN Bakal Turunkan Pajak untuk Barang Tertentu

    Eko Nordiansyah - 03 Juni 2021 19:19 WIB
    Penerapan Multitarif PPN Bakal Turunkan Pajak untuk Barang Tertentu
    Ilustrasi perhitungan pajak - - Foto: dok Shutterstock



    Jakarta: Pemerintah berencana mengubah sistem Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang saat ini menggunakan single tarif menjadi multitarif. Bukan hanya menaikan tarif PPN, namun perubahan aturan ini diprediksi bisa membuat pajak untuk barang tertentu menjadi lebih rendah.

    Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo menjelaskan rencana perubahan tarif PPN ini akan memberikan keadilan dalam menerapkan tarif pajak dari sebelumnya.

     



    "Kita ingin mengurangi distorsi, kita ingin memberikan fasilitas yang tepat sasaran, kita ingin justru memberikan dukungan bagi akses publik terhadap barang-barang yang dibutuhkan," katanya dalam webinar di Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.

    Saat ini, pemerintah menetapkan tarif untuk PPN adalah 10 persen. Dengan adanya perubahan tarif ini, Yustinus menyebut barang-barang yang sering dikonsumsi bisa memiliki tarif pajak yang lebih rendah, sedangkan untuk barang tertentu tarifnya bisa lebih tinggi.

    "Yang selama ini mungkin dikenai pajak 10 persen nanti bisa dikenai tujuh atau lima persen. Sebaliknya barang-barang yang tidak dibutuhkan masyarakat banyak, tapi dikonsumsi oleh kelompok atas yang mungkin sifatnya terbatas itu bisa dikenai pajak lebih tinggi," ungkapnya.

    Ia menjelaskan kebijakan PPN ini akan lebih efektif dan kompetitif sehingga menimbulkan keadilan yang berdampak bagi perekonomian. Meski begitu, kebijakan ini tidak bisa diimplementasikan tahun ini, melainkan baru satu atau dua tahun mendatang saat aturannya rampung.

    "Kita siapkan sekarang mumpung kita punya kesempatan. Jadi barang-barang yang tidak dibutuhkan masyarakat banyak, yang dikonsumsi kelas atas dan sifatnya terbatas, itu bisa dikenakan pajak lebih tinggi. Itu yang sekarang sedang dirancang," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id