Pemerintah Bebaskan Pajak Impor Tabung Oksigen

    Eko Nordiansyah - 06 Juli 2021 17:19 WIB
    Pemerintah Bebaskan Pajak Impor Tabung Oksigen
    ilustrasi. Foto: Antara/Aswaddy Hamid



    Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan membebaskan pajak bea masuk untuk impor tabung oksigen. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen yang terus meningkat seiring melonjaknya kasus covid-19 di Indonesia.

    Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kemenkeu Syarif Hidayat mengatakan, pembebasan impor ini mengikuti Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 171/PMK.04/2019 tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor Barang Oleh Pemerintah Pusat Atau Pemerintah Daerah Yang Ditujukan Untuk Kepentingan Umum.

     



    "Untuk impor oksigen pakai skema impor oleh pemerintah baik Pempus, Pemda, BLU PMK 171/PMK 04/2019 atau PMK 70/PMK/2012 untuk hibah luar negeri untuk yayasan/organisasi nonprofit," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 6 Juli 2021.

    Ia menjelaskan, tabung oksigen memang tidak masuk dalam PMK 149 Tahun 2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

    Meski tidak masuk dalam PMK tersebut, Syarif menegaskan bahwa impor tabung oksigen sudah bebas pajak. "Tanpa disertakan sudah dibebaskan pajaknya," ungkap dia.

    Selama 3 Mei hingga 3 Juli ini, ia menyebut, impor test kit mendominasi jumlah impor alat kesehatan untuk penanganan covid-19 yang mendapatkan fasilitas pembebasan. Bahkan impor alat test covid ini mencapai 61,11 persen diikuti oleh impor alat medis hingga alat pelindung diri (APD).

    "Besarannya mencapai 61,11 persen dari keseluruhan impor alat kesehatan untuk penanganan covid yang mendapatkan fasilitas pembebasan. Diikuti alat pendukung lainnya, alat medis, hand sanitizer, virus transfer media, dan APD," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id