Ekonomi RI Kembali Melandai Setelah Sempat Pulih di Juli

    Eko Nordiansyah - 13 Oktober 2020 14:22 WIB
    Ekonomi RI Kembali Melandai Setelah Sempat Pulih di Juli
    Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Ekonom Chatib Basri menyebut pemulihan ekonomi di Indonesia memang sempat terlihat membaik usai pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Juli 2020. Sayangnya ekonomi justru kembali melandai akibat peningkatan kasus covid-19.

    "Ketika mengatakan mulai terjadi recovery itu bisa dilihat di semua negara sebenarnya, bahwa ekonominya mulai rebound. Di kita itu sekitar awal Juli lah, dari Mei ke Juni setelah reopening dilakukan," kata dia dalam seminar virtual di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Ia menambahkan, tanda pemulihan ekonomi pada saat itu adalah karena kenaikan penjualan ritel yang sebelumnya sempat turun. Kondisi tersebut menjadi sinyal positif dalam upaya pemulihan ekonomi ke arah yang lebih baik di tengah pandemi.

    Sayangnya, kondisi ekonomi yang membaik sampai Agustus itu mengalami penurunan pada September 2020. Hal ini terlihat dari penurunan purchasing manager index (PMI), penjualan ritel dan indeks kepercayaan konsumen yang sebelumnya sempat membaik.

    "Dari data PMI itu Agustus naik sampai 50, ekspansi produksi mulai terjadi, tapi di September drop lagi, mungkin karena PSBB. Kepercayaan konsumen enam bulan ke depan untuk menabung juga itu drop. Artinya konsumen mulai ragu ke depan kemampuan menabung menurun," ungkapnya.

    Bukan hanya itu, data dari Google yang menunjukan mobilitas masyarakat juga cenderung mengalami perlambatan. Pergerakan ke tempat kerja, supermarket, tempat rekreasi hingga stasiun transit sempat meningkat di Juni namun kemudian melandai.

    "Jadi mungkin pemulihan ekonominya enggak bisa bentuk huruf V. Kalau enggak bisa bentuk V, maka kemungkinannya apakah di L, U, W, apa seperti lambang Nike turun kemudian naik tapi lambat. Ini yang akan menentukan apakah postur fiskal kita cocok apa enggak," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id