Kemenkeu Catat 3 Kabupaten Belum Cairkan THR bagi ASN

    Eko Nordiansyah - 11 Mei 2021 16:46 WIB
    Kemenkeu Catat 3 Kabupaten Belum Cairkan THR bagi ASN
    Ilustrasi pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan - - Foto: MI/ Rommy Pujianto



    Jakarta: Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan menyebut masih ada beberapa daerah yang belum mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, mayoritas daerah sudah mencairkan THR bagi ASN-nya.

    "Untuk THR bagi ASN di daerah, juga sudah hampir 100 persen. Beberapa daerah yang memberikan konfirmasi belum mencairkan THR," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Hadiyanto kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Ia mengungkapkan ada tiga kabupaten yang belum mencairkan THR ASN yakni Kabupaten Meranti, Kabupaten Sikka, dan Kabupaten Lembata. Namun hanya, Kabupaten Lembata yang mencairkan THR setelah Idulfitri.

    "Kabupaten Meranti dan Kabupaten Sikka yang sudah menyampaikan laporan ke DJPK, dan rencananya hari ini DAU akan disalurkan ke RKUD kedua pemda tersebut. Kabupaten Sikka secara paralel akan melakukan pembayaran THR pada hari ini," ungkapnya.


    "Sedangkan Kabupaten Lembata baru menyampaikan laporan dan konfirmasi bahwa THR  baru akan dilakukan setelah Lebaran," lanjut dia.

    Hingga hari ini, THR untuk ASN, TNI/Polri, dan pensiunan yang sudah dicairkan adalah Rp16,28 triliun. Hadiyanto mengklaim pencairan THR bagi aparatur negara dan pensiunan yang bersumber dari APBN ini sudah 100 persen dan tidak ada kendala.

    Untuk THR bagi aparatur negara tercatat realisasinya sebesar Rp7,54 triliun. Ini disalurkan bagi 1,78 juta pegawai ASN, TNI, dan Polri, 18 ribu pegawai Lembaga Non Struktural (LNS) dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP), serta 30 ribu pegawai non-ASN.


    Sementara itu, THR bagi para pensiunan juga sudah dicairkan 100 persen kepada 3,2 juta penerima. Menurut data di DJPb, total anggaran untuk THR pensiunan ini mencapai Rp8,74 triliun yang disalurkan melalui PT Taspen (Persero) maupun PT ASABRI (Persero).

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id