comscore

Kendalikan Penyebaran PMK, Pemerintah Kebut Vaksinasi Hewan Ternak

Eko Nordiansyah - 30 Juni 2022 11:02 WIB
Kendalikan Penyebaran PMK, Pemerintah Kebut Vaksinasi Hewan Ternak
Ilustrasi, petugas menyuntikkan vaksin PMK pada ternak sapi. Medcom.id/ Triawati.
Jakarta: Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menangani dan mengendalikan kasus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di 19 provinsi. Salah satu upaya yang ditempuh adalah mempercepat vaksinasi kepada hewan ternak dan pembatasan lalu lintas hewan dan produknya.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah saat ini membahas mengenai penyiapan anggaran untuk penanganan penyakit PMK. Saat ini pemerintah akan melakukan vaksinasi dari tiga juta dosis yang sudah dimiliki.
"Sudah ada tiga juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Juni 2022.

Hingga kemarin, penyakit PMK ini telah menyebar ke 19 provinsi dan 221 kabupaten/kota, dengan jumlah kasus sakit sebanyak 289.430 ekor, sembuh 94.575 ekor, pemotongan bersyarat 2.940 ekor, kematian 1.722 ekor, dan yang sudah divaksinasi sebanyak 91.716 ekor.

Saat ini penyakit PMK juga sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan babi. Untuk itu, pemerintah akan mempercepat penanganan penyakit PMK ini, mulai dari mendorong Satgas bekerja dengan cepat, melakukan percepatan vaksinasi, dan pengaturan lalu lintas ternak.

"Sudah ada Keputusan Ketua Komite PCPEN Nomor 2 Tahun 2022 tentang Satgas Penanganan PMK, dengan Tim Pelaksana yang diketuai oleh Kepala BNPB dan dibantu lima Wakil Ketua dari Kementan, Kemendagri, Kemenko, TNI dan Polri," ungkapnya.

Saat ini ada InMendagri Nomor 31 Tahun 2022 tentang Penanganan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Serta Kesiapan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, yang memberikan instruksi kepada para Gubernur/ Bupati/ Walikota untuk Melakukan pengendalian dan penanggulangan wabah PMK pada hewan ternak di wilayah masing-masing.

Selain itu telah diterbitkan pula Keputusan Menteri Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (Foot and Mouth Disease), yang menetapkan 19 Provinsi sebagai Daerah Wabah PMK.

"Nanti setiap minggu atau secara reguler setiap ada perkembangan, dilakukan penerbitan Keputusan Mentan yang ditindaklanjuti dengan SE Kasatgas dan InMendagri untuk percepatan penanganan PMK, sebagaimana dilakukan dalam penanganan covid-19," pungkas dia.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id