comscore

Lantik Direktur Eksekutif LPEI, Sri Mulyani Minta Tingkatkan Kinerja dan Kreativitas

Eko Nordiansyah - 04 Januari 2022 18:26 WIB
Lantik Direktur Eksekutif LPEI, Sri Mulyani Minta Tingkatkan Kinerja dan Kreativitas
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok Kemenkeu
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Rijani Tirtoso sebagai Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank. Rijani dilantik menggantikan Daniel James Rompas yang memegang posisi tersebut sebelumnya.
 
Sri Mulyani berharap perubahan pada pucuk pimpinan ini dapat memperbaiki kinerja LPEI ke depan. Baik dari sisi keuangan maupun dalam fungsi dan tugas LPEI dalam mendorong ekspor di Indonesia. Saat ini LPEI memiliki fungsi sebagai pemberi kredit (credit enhancer), fasilitator, akselerator, maupun aggregator.
 
"Itu adalah fungsi-fungsi yang membutuhkan direksi, pimpinan, dan seluruh manajemen yang mampu untuk berpikir kreatif dan inovatif. Tidak hanya berpikir secara rutin, karena kita dihadapkan pada sebuah lingkungan dunia yang bergerak sangat cepat," katanya dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Ia mengatakan, ekspor yang merupakan salah satu mesin pertumbuhan ekonomi membutuhkan pemikiran yang kompleks dari sisi desain kebijakan hingga instrumen pembiayaan dan juga dari sisi organisasi. Dengan demikian, LPEI dapat bergerak sinergis dan sinkron dengan keinginan Indonesia untuk mendorong ekspor produk yang bernilai tambah.
 
"Dari raw material sumber daya alam menjadi ekspor berdasarkan nilai tambah, produktivitas, kreativitas, dan keunggulan kompetitif. Sebagai sebuah institusi yang dibentuk dengan undang-undang khusus, sifatnya sui generis, maka LPEI memang di desain untuk mampu menjawab masalah-masalah yang tidak bisa dijawab oleh institusi biasa," ungkapnya.
 
Ia menegaskan seluruh Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan misi pembangunan yang diamanatkan. LPEI diharapkan dapat melihat kesempatan dan tantangan yang ada di bidang ekspor sebagai suatu misi yang harus dijawab dan diatasi.
 
"Tolong dari sisi ini LPEI bekerja jauh lebih kreatif. Tidak sekedar menyalurkan kredit. Gunakan pemikiran dan intelektual anda bersama dengan otot yang kita miliki. Gunakan itu dan terus tingkatkan kemampuan analisa bersama-sama dengan SMV yang lain dan bersama Kemenkeu," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id