comscore

Imbas Perang, Perdagangan Indonesia dengan Rusia dan Ukraina Jadi Defisit

Eko Nordiansyah - 17 Mei 2022 13:16 WIB
Imbas Perang, Perdagangan Indonesia dengan Rusia dan Ukraina Jadi Defisit
Defisit neraca perdagangan indonesia dangan Rusia. Foto: MI.
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia dengan Rusia dan Ukraina mengalami defisit dalam beberapa bulan terakhir. Defisit ini disebabkan oleh konflik antar kedua negara tersebut sehingga mengganggu kinerja ekspor impornya.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, perdagangan Indonesia dan Rusia sempat mencatat surplus USD11,5 juta pada Januari 2022. Namun setelah itu, perdagangan dengan Rusia selalu mencatatkan defisit dengan defisit terbesar USD186,8 juta pada Maret lalu.
"Dengan Rusia, Januari masih surplus USD11,5 juta, Februari defisit USD7,9 juta, dan terbesarnya di Maret USD186 juta, April defisit berkurang tinggal USD34 juta," kata dia dalam video conference, Selasa, 17 Mei 2022.

Secara kumulatif sejak Januari hingga April 2022, neraca perdagangan Indonesia dengan Rusia mencatat defisit sebesar USD217,2 juta. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, perdagangan Indonesia dengan Rusia masih surplus sebesar USD48,3 juta.

"Dengan Ukraina perkembangannya dari Januari sampai April kita selalu defisit, tapi menyusut. Januari defisitnya USD8,9 juta, Februari USD6,5 juta, Maret USD6,6 juta, kemudian terus berkurang di April USD1,3 juta," ungkapnya.

Secara kumulatif, ia menambahkan perdagangan Indonesia dengan Ukraina mencatat defisit USD23,3 juta selama Januari hingga April 2022. Defisit ini lebih buruk dibandingkan dengan surplus sebesar USD69 juta pada periode yang sama tahun lalu.

"Di sini memperlihatkan konflik Rusia-Ukraina merugikan kita. Terlihat pada perdagangan empat bulan terakhir kita defisit kepada kedua negara. Sementara tahun lalu kita masih dapatkan surplus," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id