Pendapatan Turun, Realisasi Belanja APBD Baru Rp533,73 Triliun

    Eko Nordiansyah - 22 September 2020 16:30 WIB
    Pendapatan Turun, Realisasi Belanja APBD Baru Rp533,73 Triliun
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Hafidz Mubarak
    Jakarta: Realisasi pendapatan dan belanja untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengalami penurunan hingga Agustus 2020. Penurunan ini serupa dengan anggaran pemerintah pusat.

    Pendapatan APBD tercatat sebesar Rp661,84 triliun atau 62,74 persen terhadap total APBD. Sementara belanja APBD pada Agustus 2020 adalah Rp533,73 triliun, atau tumbuh minus 7,62 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

    "Penurunan pendapatan dan belanja, sama seperti pusat. Pendapatan turun Rp52,9 triliun sedangkan belanja turun karena refocusing dan realokasi Rp44,01 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Selasa, 22 September 2020.

    Menkeu menambahkan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) hanya Rp151,54 triliun atau mengalami kontraksi hingga minus 14,36 persen pada Agustus 2020. Penurunan PAD cukup dalam terjadi di Jakarta dan Bali imbas pandemi covid-19.

    "Karena berbagai jenis pajak mengalami penurunan dan mobilitas penduduk yang belum kembali. Pajak hotel, restoran, PKB, BBNKB, semua mengalami tekanan dalam dan itu sumber penerimaan daerah," ungkapnya.

    Sementara untuk realisasi belanja daerah mencapai 49,39 persen dari total belanja APBD 2020. Meski begitu, realisasi belanja APBD sampai akhir Agustus ini masih lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 46,5 persen.

    "Itu disebabkan karena kita realokasi dan refocusing untuk covid. Saya berharap, belanja daerah terutama bidang kesehatan dan untuk membantu usaha kecil itu bisa diakselerasi pada kuartal IV," pungkasnya.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id