Anggaran PEN 2021 Bertambah Jadi Rp403,9 Triliun

    Eko Nordiansyah - 04 Januari 2021 19:11 WIB
    Anggaran PEN 2021 Bertambah Jadi Rp403,9 Triliun
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan alokasi anggaran untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di 2021 akan meningkat. Jika sebelumnya alokasi hanya Rp372,3 triliun, saat ini bertambah menjadi Rp403,9 triliun.

    Sri Mulyani menjelaskan kondisi yang ada akibat pandemi covid-19 ini masih sangat dinamis. Oleh karena itu, ia berharap perubahan untuk Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) masih dimungkinkan untuk merespons perkembangan yang terjadi.






    "Meskipun sudah ditetapkan oleh undang-undang namun perubahan di dalam APBN masih akan terjadi karena tantangan kita masih sangat dinamis," kata dia dalam webinar di Jakarta, Senin, 4 Januari 2021.

    Apabila dirinci, anggaran PEN 2021 terdiri dari anggaran kesehatan sebesar Rp25,4 triliun untuk pengadaan vaksin covid-19 serta pelaksanaan vaksinasi. Untuk anggaran kesehatan pemerintah masih memiliki sisa lebih anggaran tahun lalu Rp47,07 triliun.

    "Vaksinasi akan dilakukan secara gratis, anggarannya bisa mencapai lebih dari Rp74 triliun hanya untuk vaksinasi. Belum kita bicara tentang masalah kesehatan yang lain yang harus kita tangani. Ini masih banyak sekali APBN kita," ungkap dia.

    Untuk perlindungan sosial, pemerintah mengalokasikan Rp110,2 triliun. Kemudian untuk anggaran sektoral kementerian/lembaga dan pemda disiapkan Rp184,2 triliun atau lebih besar dibandingkan alokasi sebelumnya sebesar Rp136,7 triliun.

    Sementara itu, anggaran dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pembiayaan korporasi adalah Rp63,84 triliun. Terakhir, pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk insentif usaha sebesar Rp20,26 triliun. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id