Pendirian Lembaga Pengelola Investasi Ditargetkan Rampung Januari 2021

    Suci Sedya Utami - 20 Oktober 2020 21:47 WIB
    Pendirian Lembaga Pengelola Investasi Ditargetkan Rampung Januari 2021
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Pemerintah menargetkan pendirian lembaga pengelola investasi atau Sovereign Wealth Fund (SWF) akan rampung pada Januari 2021.

    Lembaga tersebut merupakan salah satu lembaga yang dibentuk melalui Undang-Undang Cipta Kerja, yang tujuannya untuk menopang pemulihan ekonomi nasional serta mengelola dana investasi negara

    "Termasuk juga yang akan kita launching, yang ada di dalam omnibus law adalah pendirian dari pada Indonesia Investment Authority atau Sovereign Wealth Fund yang diharapkan bisa mulai beroperasi di bulan Januari nanti," kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam Capital Market Summit & Expo 2020, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tidak hanya mengandalkan dari permintaan domestik tetapi juga berasal dari investasi.

    "Tanpa masuknya investasi dan jika hanya bergantung pada konsumsi dan permintaan domestik, maka akan jadi challenging membawa pertumbuhan ekonomi kembali di posisi lima persen," ujarnya.

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan penyertaan modal untuk LPI atau SWF mencapai Rp75 triliun yang bersumber dari aset negara, aset BUMN, dan sumber lainnya.

    "Dalam PP-nya mengatur mengenai LPI ini dengan untuk penyertaan modalnya di mana kita berharap nilainya bisa akan mencapai Rp75 triliun atau sekitar USD5 miliar," katanya.
     
    Sri Mulyani juga menuturkan melalui ekuitas tersebut maka pemerintah berharap dapat menarik dana investasi mencapai tiga kali lipat yaitu sekitar Rp225 triliun atau USD15 miliar.

    "Saat ini sedang dibuat PP-nya dan Presiden minta PP selesai cepat. Jadi kita lakukan instruksi presiden satu minggu," pungkasnya.  
       

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id