Penjelasan Kemenangan Joe Biden Bisa Menguntungkan Indonesia

    Eko Nordiansyah - 15 November 2020 11:06 WIB
    Penjelasan Kemenangan Joe Biden Bisa Menguntungkan Indonesia
    Joe Biden calon presiden Amerika Serikat ke-46. Foto : AFP.
    Jakarta: Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) atas rivalnya Donald Trump dinilai akan membawa dampak positif bagi Indonesia. Di sisi perekonomian, Indonesia akan mendapat 'berkah' dari kemenangan Biden di AS.

    Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan Indonesia akan mendapatkan dampak positif dari bangkitnya perekonomian global pasca kemenangan Biden. Pasalnya akan ada kenaikan harga komoditas maupun Foreign Direct Investment (FDI).

    "Pertama, ada peluang kenaikan harga produk komoditas yang menjadi andalan ekspor Indonesia. Di sisi lain, aliran modal juga akan mengalir ke Indonesia baik dalam bentuk portofolio maupun FDI," kata dia kepada Medcom.id, Minggu, 15 November 2020.

    Ia menjelaskan kemenangan Biden akan membuat pasar lebih percaya diri karena sentimen perang dagang antara AS dengan Tiongkok akan mereda. Dengan begitu, perdagangan internasional akan bangkit sehingga bisa memicu produksi dan kenaikan harga.

    "Hal ini kemudian akan merambat ke pasar keuangan, market confident akan mendorong risk appetite yang lebih besar sehingga volume transaksi dan indeks di pasar keuangan akan meningkat. Dalam jangka menengah panjang kemenangan Biden saya perkirakan akan positif memperbaiki iklim investasi global," jelas dia.

    Meski begitu, Piter menyebut Partai Demokrat yang mengusung Biden, dikenal dengan kebijakan pajak yang lebih ketat, berkebalikan dengan Partai Republik yang banyak memberikan potongan pajak. Tetapi sesungguhnya potongan pajak yang dijanjikan Partai Republik hanya mengena pada kelompok kecil masyarakat kaya.

    "Dampaknya terhadap perekonomian Amerika tidak terlalu besar. Sementara kebijakan Demokrat yang cenderung meningkatkan pajak menurut saya tidak akan terlalu berpengaruh kepada ekonomi Amerika karena di sisi lain ada dampak positif yang saya sebutkan di awal," pungkasnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id