Saat Pandemi, Ekonomi Indonesia Terbaik Kedua setelah Tiongkok

    Eko Nordiansyah - 24 November 2020 20:49 WIB
    Saat Pandemi, Ekonomi Indonesia Terbaik Kedua setelah Tiongkok
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati . Foto : Medcom.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut perekonomian Indonesia merupakan nomor dua terbaik di antara negara anggota G20. Indonesia berada di bawah Tiongkok yang ekonominya telah positif dari dampak pandemi covid-19.

    G20 merupakan kelompok negara dengan ekonomi terbesar dunia. Sayangnya pada tahun ini perekonomian negara G20 mengalami kontraksi imbas pandemi covid-19. Hal yang sama juga dialami oleh Indonesia, meski ekonominya masih lebih baik dibandingkan negara lain.

    "Indonesia itu nomor dua paling baik dari sisi kontraksinya. Pertama, Tiongkok yang tidak mengalami kontraksi kemungkinan tahun ini 1,9 persen. Untuk Indonesia kontraksi 1,5 persen. Negara G20 lain kontraksi sangat dalam," kata dia dalam video conference dilansir di Jakarta, Selasa, 24 November 2020.

    Ia menambahkan Korea Selatan berada di bawah Indonesia dengan kontraksi ekonomi yang lebih rendah dibandingkan negara lain. Sementara itu, Spanyol menjadi negara yang mengalami kontraksi perekonomian paling dalam, yaitu mencapai minus 12,8 persen.

    Selanjutnya, Sri Mulyani menyebut ekonomi pada tahun depan akan mengalami pembalikan (rebound). Sama seperti tahun ini, Indonesia diperkirakan mengalami pemulihan ekonomi yang cukup bagus pada 2021 bersanding dengan Tiongkok serta India.

    "Yang makin dalam harusnya rebound makin kuat tapi ternyata tidak terjadi seperti itu. Indonesia dan Tiongkok masih merupakan negara rebound-nya tinggi, sedangkan India yang selama ini salah satu pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini kontraksi di atas 10 persen, dan tahun depan bisa rebound di atas delapan persen," ungkapnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id