Sri Mulyani Sebut Proyeksi Ekonomi Dunia Masih Bisa Berubah

    Desi Angriani - 09 Januari 2020 22:25 WIB
    Sri Mulyani Sebut Proyeksi Ekonomi Dunia Masih Bisa Berubah
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh Bank Dunia masih bisa berubah. Pasalnya, ketidakpastian global terus bergerak cepat alias sangat dinamis.

    "Tapi kita lihat seperti 2018 dan 2019, ketidakpastian global masih akan bersistem," katanya ditemui di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

    Ani, sapaannya, mengungkapkan ekonomi dunia pada awal tahun ini di luar prediksi. Misalnya, hubungan Iran dan Amerika Serikat (AS) yang semakin memanas memberikan dampak ekonomi ke berbagai belahan dunia.

    Meski Presiden AS Donald Trump menyatakan akan menghentikan eskalasi ketegangan. Menkeu memastikan pemerintah tetap waspada dan menyiapkan langkah antisipasi.

    "Jadi kita ya harus tetap waspada saja," ungkap dia.

    Namun demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan momentum pertumbuhan ekonomi domestik masih akan terjaga di kisaran lima persen. Pemerintah, katanya, akan terus menggenjot daya beli agar sektor konsumsi meningkat.

    "Indonesia sebagai sebuah negara ingin terus memperbaiki performance-nya," pungkas dia.

    Bank Dunia sebelumnya merilis prospek ekonomi global 2020 naik tipis menjadi 2,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Proyeksi itu seiring investasi dan perdagangan yang secara bertahap mulai pulih meskipun risiko ekonomi juga masih membayangi.

    Meski demikian, pertumbuhan kelompok negara-negara maju diperkirakan turun menjadi 1,4 persen pada 2020 karena melambatnya industri manufaktur.

    Sementara itu, pertumbuhan di pasar dan ekonomi negara berkembang diperkirakan akan meningkat tahun ini menjadi 4,1 persen. Namun, peningkatan ini tidak berbasis luas meski ada peningkatan kinerja dari kelompok ekonomi besar.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id