comscore

Kepatuhan Pelapor DHE Meningkat hingga 98%

Eko Nordiansyah - 14 Desember 2015 15:54 WIB
Kepatuhan Pelapor DHE Meningkat hingga 98%
Gubernur BI Agus Martowardojo -- FOTO: ANTARA/ANDIKA WAHYU
medcom.id, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai kepatuhan para eksportir dalam melaporkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) mereka sudah lebih baik. Hal ini terlihat dari kenaikan tingkat kepatuhan pelapor DHE pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kita akui kepatuhan pelaporan eksportir dalam DHE naik jadi 96 persen yang tahun lalu 80 persen," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).
Namun demikian, dirinya melihat jika dana ekspor yang telah dikonversi ke dalam rupiah masih sangat minim. Tercatat, hanya 11 persen dari DHE yang telah dikonversikan menjadi mata uang rupiah.

"Kami berharap Devisa Hasil Ekspor bisa ditaruh di Indonesia dalam deposit valas. Dan akan lebih baik lagi kalau ditukar dalam bentuk rupiah agar ekonomi kita punya valas yang cukup," jelas dia.

Lebih lanjut, masih kata Agus, pemerintah akan segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang insentif bagi DHE yang ditaruh di dalam negeri. Kewajiban penggunaan rupiah di dalam negeri juga merupakan amanat berdasarkan Undang-Undang (UU).

"Di awal tahun (2016) sudah akan ada enforcement yang lebih keras. Kalau transaksi dalam negeri lakukan dalam rupiah, kalau perlu dalam valas ada aturan apa yang boleh. Kantor BI di seluruh Indonesia siap berikan informasi lebih detail terkait hal itu," pungkasnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id