BI Diramal Pangkas Suku Bunga di Agustus

    Husen Miftahudin - 16 Juli 2019 18:49 WIB
    BI Diramal Pangkas Suku Bunga di Agustus
    Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
    Jakarta: Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani menyebut Bank Indonesia (BI) akan menahan suku bunga acuan atau BI 7 Days Repo Rate. Suku bunga acuan untuk periode Juli 2019 diproyeksi masih berada di level enam persen.

    "Saya pribadi melihatnya pasti turun, tapi timing-nya kemungkinan kalau besok (suku bunga acuan Juli 2019) masih di enam persen," ujar Aviliani usai menghadiri seminar Indef di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Juli 2019.

    Aviliani mengaku berbeda pandangan dengan kondisi pasar saat ini. Penguatan mata uang Garuda yang terlihat dalam sepekan terakhir membuat pasar menanti-nanti penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral.

    "Saya lihat rupiah kan baru menguat, saya rasa kalau pasar itu sudah mem-punish bisa turun antara 25-50 basis poin. Nah sekarang tinggal apakah gubernurnya berani untuk menurunkan sekarang," tutur dia.

    Komisaris Independen PT Bank Mega Tbk itu menilai penurunan suku bunga acuan sulit direalisasikan di bulan ini. Otoritas moneter saat ini sedang fokus menjaga penguatan rupiah.

    "Kalau saya melihatnya kemungkinan baru Agustus untuk bisa (diturunkan suku bunga). Karena takutnya rupiah baru menguat, kemudian bunga naik, nanti rupiah justru melemah lagi," imbuh Aviliani.

    BI akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 17-18 Juli 2019. Hasil RDG, termasuk di dalamnya penentuan tingkat suku bunga, diumumkan pada 18 Juli 2019.

    Saat ini, BI 7-Days Repo Rate berada di level enam persen. Level tersebut sudah bertahan selama delapan bulan, dari November 2018.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id