Pemerintah Beri Diskon PPnBM untuk Kejar Pertumbuhan Perekonomian Kuartal I

    M Ilham Ramadhan - 16 Februari 2021 18:59 WIB
    Pemerintah Beri Diskon PPnBM untuk Kejar Pertumbuhan Perekonomian Kuartal I
    Ilustrasi jenis mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM - - Foto: Antara/ M adimaja



    Jakarta: Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan kebijakan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor bertujuan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021.

    "Kita menargetkan kebijakan ini berlaku per 1 Maret 2021, karena mengejar pertumbuhan di kuartal I 2021. Serta, mengejar momentum Ramadan dan Lebaran," ujarnya dikutip dari Mediaindonesia.com, Selasa, 16 Februari 2021.




    Susi menjelaskan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I-2021 diproyeksi di kisaran 1,6-2,1 persen. Sedangkan konsumsi rumah tangga diharapkan tumbuh 1,3-1,8 persen pada kuartal I-2021.

    Untuk mendorong konsumsi rumah tangga tersebut, pemerintah kemudian mengeluarkan kebijakan relaksasi PPnBM kendaraan bermotor. Harapannya dapat memperbaiki konsumsi rumah tangga, yang berdampak pada perekonomian nasional. Apalagi kontribusi konsumsi rumah tangga pada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 57 persen. Bahkan lebih besar dari konstribusi investasi, ekspor dan belanja pemerintah.

    Di sisi lain, PPnBM juga diharapkan mampu menggeliatkan industri otomotif yang terpukul cukup dalam selama pandemi covid-19. Padahal, sektor tersebut memiliki multiplier effect yang besar bagi perekonomian.

    "Kebijakan PPnBM kendaraan bermotor ini akan terkena pada dua hal, yakni permintaan dari masyarakat dan supply di industri pengolahan. Dalam hal ini industri otomotif," imbuh Susiwijono.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id