Pemerintah Tebar Insentif Agar Orang Kaya Mau Belanja

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 13:19 WIB
    Pemerintah Tebar Insentif Agar Orang Kaya Mau Belanja
    Ilustrasi kelas menengah atas menahan belanja - - Foto: dok MI



    Jakarta: Pemerintah memberikan berbagai insentif untuk mendongkrak konsumsi rumah tangga yang berandil besar terhadap perekonomian. Sejumlah stimulus diterbitkan salah satunya untuk mendorong kalangan menengah atas membelanjakan uang mereka.

    Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan konsumsi rumah tangga tahun lalu turun signifikan imbas pandemi. Hal ini dikarenakan orang-orang kaya masih menahan belanja.

    "Kita tahu 50 persen terkaya kita di 2020 kemarin itu menabungnya sangat banyak. Jadi kita berharap mereka punya insentif untuk membelanjakan," katanya dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.






    Beberapa insentif yang diberikan oleh pemerintah adalah potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil serta potongan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada sektor properti. Dengan diskon ini, pemerintah berharap konsumsi meningkat.

    "Dengan insentif PPN properti dan PPnBM untuk mobil ditanggung pemerintah ini akan memutar roda perekonomian, menciptakan multiplier effect dan menciptakan lapangan kerja pada perekonomian kita," ungkapnya.

    Tak hanya itu, pemerintah juga memperpanjang pemberian insentif bagi dunia usaha seperti Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), pembebasan PPh Pasal 22 impor, potongan angsuran PPh Pasal 25, penurunan tarif PPh badan, serta restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dipercepat.

    "Kita optimistis di 2021 kita akan pulih signifikan dibandingkan 2020 kemarin. Ekonomi kita kontraksinya sangat mild dan kita akan pulih sangat kuat juga di 2021. Ini membutuhkan kerja sama semua pihak juga," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id