comscore

Syarat Pertumbuhan Ekonomi RI Kembali Positif

Eko Nordiansyah - 31 Maret 2021 18:06 WIB
Syarat Pertumbuhan Ekonomi RI Kembali Positif
Ilustrasi data pertumbuhan ekonomi RI tahun ini - - Foto: Medcom
Jakarta: Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 2,07 persen sepanjang tahun lalu imbas pandemi covid-19. Selama tiga kuartal berturut-turut, ekonomi Indonesia tumbuh negatif sehingga masu ke dalam pusaran resesi pada kuartal III 2020.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan syarat agar pertumbuhan ekonomi kembali tumbuh cepat adalah berakhirnya pandemi. Piter menilai saat ini upaya yang telah dilakukan pemerintah sudah tepat.
"Pemerintah sudah tepat mendahulukan penanggulangan pandemi, melakukan vaksinasi sembari tetap memberikan bantuan kepada masyarakat dan dunia usaha," kata Piter kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

Ia menambahkan stimulus dari pemerintah bagi masyarakat dan dunia usaha membantu meningkatkan ketahanan mereka menghadapi pandemi. Menurutnya, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa menjadi penggerak perekonomian saat ini.
 
"Ketika pandemi berlalu, masyarakat dan dunia usaha yang masih mampu bertahan tersebut akan menjadi penggerak percepatan pemulihan ekonomi," ungkapnya.


Untuk kuartal I-2021, Piter memperkirakan pertumbuhan ekonomi masih akan kontraksi di kisaran minus 0,1 persen sampai dengan minus satu persen. Pertumbuhan ekonomi baru akan positif pada kuartal II tahun ini di kisaran 0,5 persen sampai dengan 1,5 persen.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id