Menko Airlangga Pede Ekonomi Kuartal IV Tumbuh Positif 0,6%

    Husen Miftahudin - 18 November 2020 14:10 WIB
    Menko Airlangga <i>Pede</i> Ekonomi Kuartal IV Tumbuh Positif 0,6%
    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto:dok MI
    Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis perekonomian nasional pada kuartal IV-2020 tumbuh positif hingga 0,6 persen. Hal ini lantaran sejumlah faktor pendorong ekonomi mulai mengalami tren perbaikan setelah anjlok cukup dalam akibat meluasnya dampak pandemi covid-19 pada kuartal satu dan dua pada 2020.

    "Kita lihat bahwa pertumbuhan kita masuk dalam tren positif dari minus 5,32 persen menjadi minus 3,49 persen. Kita berharap bahwa di kuartal keempat nanti bisa antara minus 1,6 persen sampai dengan positif 0,6 persen," ujar Airlangga dalam acara Jakarta Food Security Summit (JFSS) Kelima secara virtual di Jakarta, Rabu, 18 November 2020.

    Airlangga menjelaskan bahwa perbaikan ekonomi mulai tercermin pada kuartal III-2020. Pengungkitnya berasal dari konsumsi pemerintah yang tumbuh hingga mencapai sebanyak 9,76 persen.

    Dalam hal ini, pemerintah berharap sektor swasta dalam bentuk investasi bisa mengikuti jejak konsumsi pemerintah yang bisa tumbuh positif di kuartal IV-2020. Jika investasi meningkat, Airlangga pede pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat akan lebih baik dari dua kuartal sebelumnya.

    "Namun kalau kita lihat juga pertumbuhan kita kuartal to kuartal itu 5,05 persen. Sehingga tentu kalau ini bisa dipertahankan, maka di Desember itu akan positif," tegas dia.


    Adapun pada 2021 perekonomian nasional diproyeksi akan kembali normal seperti kondisi pracovid-19. Berbagai lembaga bahkan menilai pertumbuhan ekonomi RI bakal tumbuh positif, pemerintah sendiri outlook-nya tumbuh di kisaran lima persen.

    Melihat dari sisi lapangan usaha, pendongkrak pertumbuhan ekonomi pada kuartal-kuartal selanjutnya ditopang oleh beberapa sektor seperti pertanian dan kehutanan. Kemudian juga berbagai sektor lain, terutama informasi dan komunikasi (infokom) yang juga masih tumbuh positif secara tahun ke tahun.

    "Secara kuartal to kuartal mulai dari industri pengolahan, pertanian, perdagangan, konstruksi, semuanya mengalami kenaikan. Ini yang menunjukkan bahwa kita berada dalam tren yang positif," pungkas Airlangga.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id